Ojol Balik Narik Penumpang Lagi, Dari Bawa Helm Sendiri sampai Ada Sekat Plastik

online rider illustration - canva

online rider illustration - canva

Like

Wah, kamu sudah bisa naik ojek online lagi nih. Gojek dan Grab akhirnya mengaktifkan kembali fitur GoRide dan Grabbike, yang sempat hilang dari aplikasi selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kemarin.

Hal ini seiring adanya izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat Permenhub No. 18/2020. Ojel online (Ojol) dibolehkan beroperasi lagi buat angkut penumpang di kondisi tertentu.

Enggak cuma itu, ojol yang beroperasi juga mesti menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Dari peraturan tersebut, ojol diwajibkan buat mendisinfeksi kendaraan dan perlengkapannya sebelum dan sesudah digunakan.

Baik pengemudi ojol  maupun penumpang, wajib menggunakan masker dan enggak memaksakan berkendara jika suhu tubuh di atas normal. Buat para driver, juga wajib pakai sarung tangan.

Selain itu, ternyata ada beberapa hal baru juga nih yang bakal ada untuk menyesuaikan operasional ojol selama masa pandemi ini. Hmm ada apa aja ya?
 

Naik Ojol, Jangan Lupa Bawa Helm Sendiri

Pandemi bikin kita jadi lebih prepare sama diri sendiri. Dari mulai kebiasaan bawa hand sanitizer kemana mana, pakai masker, dan jaga jarak.


Nah menyesuaikan Permenhub dan mengedepankan pentingnya aspek kesehatan, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek punya prosedur khusus nih. Dilansir dari Bisnis.com, Gojek menghimbau para pelanggan buat bawa helm pribadi!

Kalau selama ini kamu tinggal pakai helm yang disediakan pengemudi, sekarang kamu harus bawa helm sendiri juga kemana-mana kalau mau naik ojol. Jangan lupa, helmnya mesti yang sudah berstandar nasional Indonesia (SNI) ya. Biar tetap safety!

Repot sih memang. Namun, hal itu juga dipertimbangkan buat menjaga kesehatan bersama dengan enggak sharing barang ke orang lain.
 

Fitur Informasi Kesehatan Mitra

Salah satu syarat mitra ojol bisa beroperasi lagi adalah dengan suhu tubuh yang normal dan kendaraan yang selalu didisinfeksi. Nah, dari mana kita bisa tahu kondisi ojol tersebut sudah memenuhi syarat atau belum?

Gojek ternyata punya fitur informasi kesehatan mitra di aplikasinya lho! Jadi, kita bisa tahu informasi tersebut sebelum melakukan perjalanan dengan ojol.

Enggak cuma itu, Gojek juga ternyata punya Posko Aman yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Posko itu berfungsi sebagai tempat pengecekkan suhu tubuh mitra, pemberian masker dan hand sanitizer, serta penyemprotan disinfektan.
 

Sekat Plastik

Ketika kamu naik ojol, pastinya jarak duduk kamu dengan pengemudi enggak bisa jauh-jauhan kayak orang lagi musuhan. Uniknya nih, buat tetap menjaga jarak duduk yang aman dan menghindari kontak fisik secara langsung, sekat plastik jadi solusinya.

Grabbike rencananya bakal pakai sekat atau partisi plastik sebagai tambahan prosedur keamanan operasionalnya. Pemasangan ini, dilansir dari Bisnis.com, bakal dilakukan secara bertahap.

Sama halnya dengan Gojek, Grab juga membentuk GrabCar dan GrabBike Protect buat memberikan fasilitas kesehatan mitra selama di perjalanan. Fasilitas tersebut antara lain pemberian hand sanitizer, disinfeksi, masker, dan sekat plastik.