Dinilai Lebih Unggul, Apa Itu Asuransi Unit Link?

Insurance illustration - canva

Insurance illustration - canva

Like

Asuransi jadi salah satu hal penting yang perlu banget kita punya nih. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang, asuransi bakal jadi pelindung keuangan untuk kesehatan kita.

Ternyata, selain buat proteksi, ada juga nih jenis asuransi yang sekaligus bisa bertujuan buat investasi. Jenis asuransi itu dikenal sebagai asuransi unit link.

Sebenarnya, apa sih asuransi unit link itu?

Kalau dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), produk asuransi unit link bisa memberikan kita dua tujuan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Kita bisa punya perisai asuransi buat melindungi diri dari hal yang enggak terduga di masa depan, sekaligus juga punya manfaat investasi buat tambah-tambah aset.

CEO Finansialku Melvin Mumpuni, dilansir dari Live Instagram @Bisniscom beberapa waktu lalu, menilai asuransi unit link itu sebetulnya merupakan produk asuransi yang powerful lho. Produk unit link juga dinilai bisa mengimbangi kenaikan biaya kebutuhan asuransi.


Soalnya nih logikanya, semakin tua usia, semakin tinggi  juga premi asuransinya. Biaya asuransi yang naik juga bisa terjadi karena risiko sakit lebih tinggi ketika kita masuk ke usia senja nanti.

“Produk unit link keluar melakukan perhitungan dengan skema investment dan sebagainya hasil investasinya itu mengimbangi kenaikan biaya itu,” kata Melvin.
 

Risiko Asuransi Unit Link 

Namun, karena bisa “multitasking”, unit link juga kerap punya risiko atau kekurangan. Berfungsi sebagai investasi, unit link juga kerap membingungkan konsumen tentang jumlah biaya apa aja yang harus dikeluarkan dan kemana dananya itu diinvestasikan.

Untuk itu, kalau dilansir dari laman Allianz, calon nasabah juga perlu buat menyesuaikan profil risiko dengan fund investasi yang bakal dipilih. Buat yang konservatif, kamu bisa pilih investasi rendah risiko kayak deposito misalnya.

Namun, buat kamu yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi, kamu bisa langsung investasikan unit link kamu dalam bentuk saham. Nah makanya, biar enggak bingung, penting juga nih buat kamu punya prioritas utama ketika pilih produk asuransi ini.

Tujuannya, supaya kamu jadi enggak salah pilih atau menentukan langkah investasi dari produk asuransi kamu ini. Soalnya, mau gimana pun juga, tujuan utama punya asuransi ya buat proteksi doong.

“Pada dasarnya, unit link itu investasinya bukan untuk kamu ambil. (Melainkan) supaya premi yang kamu ambil itu flat gitu,” ungkap Melvin.

Walaupun berisiko karena ada tujuan investasi di dalamnya, dilansir dari Bisnis.com,  Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia masih menilai kalau premi dari produk unit link masih menjanjikan kok. Jadi, kamu tertarik enggak nih buat coba asuransi unit link?


Tonton juga yuk video Ngobrol Santuy “Kelola Finansial Biar Tetap Gacor saat Pandemi” di Youtube Bisnis.com, Jangan lupa Subscribe ya!