Pandemi, Saatnya Ubah Pola Makan Menjadi Lebih Baik

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Pandemi melanda, bukan berarti kita harus terus menerus terkekang oleh rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan. Banyak pilihan untuk memulai mencari makna yang lebih positif dari kehadiran pandemi yang membuat lumpuh aktivitas normal.

Berbagai kegiatan positif dapat dilakukan, apalagi ketika hanya bisa di lakukan di rumah aja. Tidak perlu berpikir terlampau jauh untuk mencari kegiatan apa yang bisa membuat kita menjadi terhindar dari perasaan negatif selama pandemi ini.

Salah satunya adalah melalui pola makan. Ya, kita bisa membuat aktivitas sederhana seperti makan menjadi sarana kegiatan yang lebih positif. Berikut 3 hal yang bisa kamu lakukan ketika makan agar hidup kamu bisa menjadi lebih positif dan menyenangkan.
 

Perbanyak makan buah dan sayur

Mengosumsi buah dan sayur tentu menjadi suatu keharusan bagi kita. Mengutip dari The National Health and Medical Research Council (NHMRC) di Australia yang dilansir oleh Alinea, setiap hari setidaknya perlu mengosumsi 5 jenis sayuran dan 2 jenis buah-buahan agar bisa mendapatkan hasil optimal dalam menangkal penyakit.

Serat alami yang tinggi dalam sayur dan buah menjadi salah satu sarana pengoptimalan metabolisme tubuh. Hal ini tentu berpengaruh pada kebugaran dan kesehatan tubuh kita yang tetap fit walau tidak banyak melakukan aktivitas berat.

Baca Juga: Makanan Mengandung Protein Bisa Buat Kamu Fit!

 

Eksplorasi diri lewat masak

Di rumah aja merupakan momen yang tepat untuk kita mengeksplorasi kemampuan masak sendiri. Selain bertujuan untuk menghindari kontak ketika membeli makanan di atau dari luar, memasak makanan sendiri bisa menjadi kegiatan yang membuat kita menjadi lebih produktif.

Memasak sendiri bisa memulai dari hal yang mudah, seperti misalnya membuat masakan yang sederhana dengan mengeksplorasi berbagai resep yang ada di internet hingga ke pada tahap mengkreasikan makanan dengan eksperimen bahan ala kita.
 

#Dirumahaja = makan bersama keluarga

Mengutip dari Fimela.com,  penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30 hingga 35 persen keluarga menghabiskan waktu makan bersama kurang dari 3 kali dalam seminggu. Semenjak pandemi, kegiatan makan bersama tentu menjadi lebih tinggi intensitasnya.

Ternyata lewat makan bersama banyak memberikan hal positif, terutama pada anak. Anak dapat meningkatkan harga diri, meningkatkan kesuksesan di sekolah, hingga menurunkan risiko depresi.

Lewat makan bersama, juga dapat menjadi waktu terbaik untuk saling berbagi dan memahami satu sama lain. Di tambah dengan di rumah aja, kegiatan makan bersama bisa dilakukan untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Akan banyak waktu bersama lebih banyak.

Masih banyak kegiatan positif yang bisa kamu eksplorasi, baik untuk diri sendiri maupun bersama keluarga. Kamu bisa bagikan kisah menarik kamu di kolom komentar tentang pengalaman kamu selama di rumah aja. Yuk, bagikan kebahagiaanmu agar kita bisa selalu hidup positif dan terhindari kecemasan berlebihan.