Penyesuaian Permenhub: Ini Langkah Terbaru Citilink dan Air Asia

AirPlane - canva

AirPlane - canva

Like

Pelonggaran yang diberikan oleh Kemenhub untuk memulihkan kembali aktivitas transportasi massal, bikin sejumlah perusahaan transportasi sibuk mempersiapkan langkah baru. Enggak terkecuali perusahaan penerbangan.

Sempat dilarang terbang untuk angkut penumpang, sekarang Kemenhub sudah mulai kasih restu nih. Namun, hal itu masih harus menyesuaikan dengan Permenhub no.41/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

 

Citilink Masih Cari Alternatif Bisnis

Pelonggaran aturan dari Kemenhub ini rupanya enggak bikin Citilink Indonesia terlena. Pihaknya justru merasa masih perlu mencari sumber cuan lain.

Dilansir dari Bisnis.com, penerbangan anak usaha Garuda itu sudah mulai beroperasi lagi sejak 1 Juni 2020 lalu. Adapun, Citilink sempat menghentikan penerbangan domestik untuk penumpang sejak 22-31 Mei 2020.

Alasannya, kapasitas penumpang yang dimaksimalkan 70% hingga kapasitas sumber daya manusia (SDM) jadi pemicu Citilink masih harus lebih giat lagi cari cuan. Meskipun begitu, pihaknya tetap akan menyesuaikan diri dengan Permenhub yang berlaku.


 

AirAsia Masih Menyesuaikan Rute Domestik

Pengoperasian kembali maskapai penerbangan untuk mengangkut penumpang, rupanya dimanfaatkan AirAsia buat menyesuaikan rute penerbangan domestiknya nih.

Penyesuaian ini dilakukan secara bertahap mulai 19 Juni 2020 besok. Kenapa bertahap? Soalnya emiten berkode saham CMMP itu masih memantau perkembangan kasus Covid-19 dan situasi di masing-masing daerah.

Nah, sembari masih menyesuaikan, AirAsia juga masih melayani kebutuhan perjalanan pemerintah dan pengiriman barang. Hal itu dilakukan lewat pelayanan cargo dan charter.