Masuk Musim Hujan, Bikin Usaha Jas Hujan Custom Yuk!

Rain Coat - Canva

Rain Coat - Canva

Like

Ketika masuk musim hujan, apa aja nih starter pack andalan kamu, Be-emers?

Mulai dari payung, jas hujan, rain cover, sampai sendal jepit, perlu banget kamu siapkan ketika masuk musim hujan. Di sisi lain, permintaan jas hujan juga selalu meningkat setiap masuk musim hujan, mengingat jumlah pengguna sepeda motor juga semakin banyak.

Nah, hal itu bisa kamu manfaatkan jadi peluang cuan nih. Meskipun musiman, tapi cuannya lumayan lho!

Menjual jas hujan dengan aneka warna mungkin sudah biasa. Lalu, gimana kalau jual jas hujan secara custom?

Baca Juga: Bisnis Ikan Cupang, Laba Bisa Berkali Lipat, Lho!
 

Menyasar Komunitas dan Instansi

Bukan cuma sekedar pelindung diri dari hujan saat berkendara, jas hujan custom juga kerap kali dijadikan souvenir. Selain itu, sejumlah komunitas atau instansi juga kerap membuat jas hujan custom sebagai identitas diri.


Nah, kalau kamu belum cukup pengetahuan untuk membuat jas hujan custom, kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller jas hujan terlebih dahulu.

Hal itulah yang dilakukan sama Debi Rastyarini. Dilansir dari laman Bisnis, Debi mengawali bisnisnya sebagai reseller jas hujan khusus muslimah sejak 2012.

Namun, seiring banyaknya minat setiap tahunnya, ia pun terdorong untuk memproduksi jas hujannya sendiri. Bekerja sama dengan rekannya, Debi akhirnya membuat jas hujan yang bisa disablon dengan logo komunitas atau instansi tertentu sesuai pesanan.

Dalam memasarkan produknya, Debi memang lebih menyasar ke pihak komunitas atau instansi. Soalnya, ia bisa memproduksi jas hujan custom dalam jumlah banyak.

Adapun, ia juga memasarkan jas hujan buatannya secara online. Jadi, jangkauannya sudah mencapai ke berbagai daerah di Indonesia dan jasanya dimanfaatkan oleh berbagai instansi mulai dari sekolah, dinas pemerintahan, hingga yayasan nonprofit.
 

Siasat Dagang Musiman

Ibarat durian, menjual jas hujan tentunya memang lebih laku secara musiman. Gimana cara mengatur produksinya?

Sadar bisnis jas hujan hanya booming sekitar enam bulan dalam setahun, Debi memilih untuk membagi setiap tahun menjadi dua periode bisnis. Periode tersebut yakni masa produksi pada musim kemarau dan masa pemasaran pada musim hujan.

Jadi, produknya tetap bisa dipasarkan sepanjang tahun dengan menekankan value added yang ditawarkan. Alhasil, komunitas/instansi atau siapapun yang ingin pesan jas hujan custom ini bisa dilakukan sebelum musim hujan datang.