Fresh Graduated, Ini Interpersonal Skill yang Wajib Kamu Miliki

Interpersonal skill adalah

Interpersonal skill adalah

Interpersonal skill adalah suatu hal yang penting untuk dimiliki oleh semua individu. Kemampuan ini digunakan untuk berhubungan dengan orang lain, baik untuk berorganisasi, mengerjakan suatu pekerjaan, atau untuk bersosialisasi di masyarakat.

Skill ini tidak muncul dengan sendirinya, sehingga kamu perlu untuk mengatasinya. Karena interpersonal skill adalah kemampuan dimana kamu dapat merespon dengan baik terhadap perasaan, keinginan, dan sikap atau perilaku dari orang lain.

Karena sangat penting dan erat kaitannya dengan hubungan antar individu, maka di dunia kerja pun skill ini sangat dibutuhkan. Sehingga kamu yang merupakan fresh graduated tentu wajib untuk mengasah kemampuan ini sejak dini. Simak ulasan lengkapnya berikut.  


Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat erat hubungannya dengan kemampuan dalam mendengarkan orang lain. Meski terlihat sangat sepele, ternyata tidak semua orang dapat melakukan kemampuan ini dengan baik dan benar.

Hal ini karena beberapa orang mungkin sangat suka sekali berbicara, namun memiliki sifat yang enggan untuk mendengarkan orang lain. Padahal, komunikasi yang baik adalah dimana sebuah percakapan datang dari dua pihak secara bergantian.

Di dunia kerja, penting bagi kamu untuk mengetahui kapan kamu harus mendengarkan serta kapan kamu harus bicara. Hal ini tidak berlaku jika kamu berhadapan dengan atasan saja, tapi juga dengan sesama rekan kerja yang selevel dengan kamu.


Mampu Bekerjasama dengan Tim

Terkadang, pasti beberapa dari anda merasa sangat sulit untuk membangun serta memelihara hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu kamu butuh adanya interpersonal skill. Dimana interpersonal skill adalah kemampuan untuk merespon perilaku orang lain.

Maka dari itu, jika kamu bisa merespon dengan baik perilaku orang, kamu pun tentu dapat bekerjasama dengan orang tersebut. Setelah berhasil membangun kerjasama yang baik, kamu juga harus pintar-pintar dalam memelihara hubungan tersebut.


Problem Solving yang Baik

Dalam bekerja, seseorang akan menghadapi berbagai masalah yang muncul. Maka pekerja harus siap menghadapi risiko serta konsekuensi yang timbul akibat dari adanya masalah. Selain itu, umumnya sebuah masalah akan terjadi dengan banyak pihak yang terlibat. Maka itu kemampuan problem solving sangatlah penting untuk dimiliki

Bisa jadi pihak yang terlibat adalah atasanmu dan rekan kerja kamu. Maka kamu dituntut untuk menemukan solusi yang tepat untuk berbagai permasalahan, dengan tetap memperhatikan masukan dari berbagai pihak terkait.

Tentu interpersonal skill adalah salah satu yang sangat dibutuhkan dalam hal ini. Karena kamu harus bisa melihat dari berbagai sudut pandang untuk menemukan solusi yang seobjektif mungkin. Sehingga semua pihak merasa keputusan tersebut adil.

Baca juga: Mindfulness Itu Apasih, Kenapa Harus Jadi Mindfulness?


Keterampilan dalam Memberikan Feedback

Memberikan feedback atau umpan balik bukan merupakan suatu perkara yang gampang. Ketika memasuki dunia kerja, terdapat banyak sekali proyek dari kerjaan yang dipresentasikan. Dan kebanyakan semua itu diminta untuk memberikan feedback.

Jika kamu adalah pihak yang melakukan presentasi, maka mungkin kamu akan sakit hati atau merasa risih jika tidak ada yang memberikan tanggapan mengenai presentasi yang telah kamu lakukan.

Oleh karena itu, jika kamu berada di posisi audiens maka sebaiknya coba berikan tanggapan terhadap pihak yang melakukan presentasi. Jangan takut untuk menyampaikan pendapat, tapi tetap gunakan bahasa yang sopan dan mudah untuk dimengerti.


Kemampuan untuk Memahami Informasi dari Orang Lain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mendengarkan oleh orang lain merupakan salah skill yang harus dimiliki saat memasuki dunia kerja. Mendengarkan itu tidak hanya diam tanpa benar-benar mengerti apa yang tengah dibicarakan.

Kamu tidak boleh hanya diam dan menyimak, tapi juga harus mengerti isi atau informasi yang disampaikan oleh si pembicara. Karena interpersonal skill adalah kemampuan yang juga menganalisa serta memahami informasi yang diberikan oleh orang lain. 

Maka dari itu, buat kamu yang masih fresh graduated, penting sekali untuk mengasah kemampuan-kemampuan tersebut. Agar saat benar-benar sudah masuk ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya, kamu bisa melakukannya secara profesional.

Baca juga: Gimana Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview?