Asyik! 3 Emiten Grup Astra Bagi-bagi Dividen Nih

Profit illustration - canva

Profit illustration - canva

Like

Sejumlah emiten yang ada di grup Astra lagi bagi-bagi dividen nih, Be-emers. Emiten tersebut antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Astra Graphia Tbk. (ASGR), dan PT Astra Otoparts (AUTO).

Pembagian dividen itu diputuskan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung di tanggal 9 dan 10 Juni 2020. Nah, tiga emiten grup Astra ini bagi-bagi dividen 40-45% lho! 

Gelar RUPS Tahunan (RUPST) Selasa (9/6) kemarin, AUTO memutuskan buat bagi-bagi dividen sebesar Rp294 miliar. Jumlah itu diambil dari 40% laba bersih emiten di tahun buku 2019.

Jumlah dividen yang dibagikan ke pemegang sahamnya itu setara Rp61 per saham. Adapun, AUTO berhasil mencatatkan laba bersih Rp739,67 miliar di tahun 2019.

Sementara itu, hari ini (10/6) AALI dan ASGR kompak mengadakan RUPS dan RUPST buat bagi-bagi dividen. Emiten perkebunan AALI bakal bagi-bagi dividen 45?ri perolehan laba bersihnya di tahun 2019.


Dengan perolehan laba bersih Rp211,11 miliar, emiten perkebunan itu bakal membagikan dividen sebesar Rp94,95 miliar. Jumlah itu setara Rp49 per saham.

Pembagian dividen ini juga enggak luput dari kinerja emiten yang lagi dipenuhi banyak tantangan. Turunnya harga crude palm oil (CPO) juga jadi salah satu penekan utamanya.

Terakhir, ada ASGR yang bagi-bagi dividen 40?ri total laba bersihnya di tahun 2019. Dengan kata lain, dividen tersebut setara Rp74 per lembar saham.

Dilansir dari Bisnis.com, dengan adanya tantangan bisnis tahun ini, ASGR bakal berencana buat meninjau peluang-peluang usaha baru, Selain itu, pihaknya bakal terus berupaya menjalankan operational excellence di seluruh lini bisnisnya.