Shunji Sugaya, Penolak Tawaran Softbank dengan Kekayaan 990 Juta dolar AS

Sosok Shunji Sugaya yang menolak tawaran Softbank untuk menjual ide bisnisnya pada 2000. / Bloomberg

Sosok Shunji Sugaya yang menolak tawaran Softbank untuk menjual ide bisnisnya pada 2000. / Bloomberg

Like

Shunji Sugaya, pendiri Optim Corp., memang sudah sejak kecil berada di dunia programmer. Saat masih sekolah dasar, dia membuat game yang dijual sekitar ratusan yen kepada temannya. Kini, kekayaan Sugaya melonjak jadi US$990 juta karena platformnya sangat dibutuhkan untuk bekerja di tengah pandemi Covid-19 saat ini. 

Namun, daya tarik Sugaya enggak cuma dari situ saja. Dua dekade silam, Sugaya tanpa berpikir panjang menolak dengan sopan tawaran Masayoshi Son, bos Softbank. 

Kala itu, Son menawarkan untuk membeli ide Sugaya senilai US$2,8 juta atau dia bergabung dengan Softbank serta mendapatkan saham. Lalu, dengan polosnya, Sugaya menolak tawaran tersebut. 

Dia mengatakan setelah mendapatkan penawaran dari Softbank itu membuat dirinya makin percaya diri. 

"Saya dengan sopan menolak dan memutuskan untuk melakukannya sendiri," ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg pada Rabu 10 Juni 2020.


Setelah itu, Sugaya membangun perusahaannya sendiri bernama Optim Corp. Kini, perusahaan itu menyediakan platform manajemen bisnis menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan internet of things.

Hingga dua dekade kemudian, nama Sugaya mencuat setelah perusahaannya menjadi primadona di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 pun menjadi berkah tersendiri bagi Sugaya. Ketika Work From Home digencarkan, kebutuhan platform kerja remote pun meningkat. 

Sugaya mengakui pandemi Covid-19 mempercepat transisi pergeseran dunia kerja dari analog ke digita di Jepang. 

"Digitalisasi telah berkembang dengan sangat cepat selama tiga bulan terakhir," ujarnya. 

Optim yang didirikannya pada 2000 awalnya menyediakan layanan iklan video di internet. Kemudian, dia pun masuk ke teknologi kecerdasan buatan dan internet of things saat bekerja sama dengan raksasa telekomunikasi Nippon Telegraph & Telephone Corp untuk menciptakan layanan koneksi internet. 

Perusahaan Sugaya ini hadir sebagai penyedia perangkat lunak sehingga pelanggan bisa mengatur koneksi sendiri. Setelah itu, dia terus mengembangkan perusahaannya dengan menjajakan layanan kerja remote atau jarak jauh. 

Layanan yang ditawarkan optim adalah melakukan manajemen gawai jarak jauh lewat ponsel pintar atau gawai. Dengan tujuan awal untuk penguncian jarak jauh dan kemampuan untuk menghapus data perangkat yang hilang atau dicuri demi menjaga kebocoran data. 

Namun, fungsinya kini telah berkembang dengan membantu karyawan kerja remote di tengah pandemi Covid-19. 

Optim bisa dibilang memiliki pangsa pasar sebesar 40% untuk lini bisnis manajemen perangkat seluler di Jepang. 

Kinerja Optim Diprediksi Makin Moncer


Optim mencatatkan pendapatan senilai US$62,5 juta pada 2019 dan laba senilai US$1,1 juta. Nilai pasar Optim pun mencapai US$1,6 miliar. 

Kinerja Optim diprediksi makin moncer seiring momentum program pemerintah Jepang yang membagikan 100.000 yen atau setara US$928 kepada semua penduduk untuk upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Di sini, Optim ikut menyediakan layanan gratis untuk kerja remote yang menghubungkan PC di kantor ke telepon pintar. 

Dengan begitu, Optim membantu masyarakat Jepang untuk melakukan perjalanan ke kantor yang berisiko dan tidak perlu. 

Teknologi yang dimiliki Optim sering digunakan pada sektor konstruksi, perawatan kesehatan, ritel, dan keuangan. Mitra utama Optim adalah Softbank, KDDI Corp., dan Komatsu Ltd. 

Sugaya sendiri sudah melakukan ekspansi ke Asia Tenggara dengan memulainya dari Vietnam. Lalu, dia juga mengembangkan ke area Amerika Utara dan Eropa. 

Sugaya mengatakan dirinya benar-benar tidak terlalu peduli tentang uang. Sekitar dua dekade silam, dirinya menolak tawaran Son. 

"Jika kami terus menciptakan hal-hal yang baru, pendapatan dan laba perusahaan akan muncul dengan sendirinya," ujarnya. 

Dia menuturkan dalam dua dekade dia ingin Optim muncul di top of mind dengan gambaran perusahaannya telah mengubah semua industri dengan kecerdasan buatan dan internet of things.