Punya Program Asyik Selama Pandemi, Startup Pendidikan Mana yang Jadi Favorit Kamu?

Startup Edu illustration - canva

Startup Edu illustration - canva

Like

Selama pandemi Covid-19, bikin sistem pendidikan juga enggak bisa berjalan normal. Sekolah dan kampus akhirnya menerapkan sistem belajar d rumah. Bahkan, pelaksanaan sidang skripsi hingga wisuda pun dilakukan secara online.

Munculnya perusahaan rintisan di bidang pendidikan atau EduTech, jadi angin cerah buat membantu sistem belajar dari rumah. Dilansir dari laman East Ventura, startup di sektor ini punya keunggulan karena telah mengenalkan metode yang bisa bikin sistem pendidikan jadi lebih efisien dan mudah dijangkau semua orang.

Nah, sejumlah startup EduTech ini menawarkan berbagai solusi asyik nuat bantu kamu belajar di rumah lho!
 

Ruangguru

Perusahaan rintisan yang sudah eksis sejak 2014 ini punya penawaran asyik nih selama pandemi. Bekerja sama dengan Telkomsel, Ruangguru membebaskan tarif kuota. Namun, program bebas kuota ini cuma berlaku kalau kamu pakai provider Telkomsel aja.

Dengan penawaran ini, kamu jadi bisa bebas mengakses semua materi belajar yang tersedia di aplikasi Ruangguru hingga 30 gigabyte. Enggak cuma itu, edutech yang tahun 2019 lalu mendapatkan pendanaan Seri C Rp2,1 triliun ini juga menawarkan program sekolah online gratis.

Program ini bisa dibilang mirip-mirip program belajar di rumah TVRI. nih. Soalnya, program ini bisa diakses setiap hari Senin-Jumat, dari jam 08:00-12:00 WIB. jadi, kalau kamu bangun kesiangan, kamu enggak bisa akses program ini di luar jadwal tersebut.

 

HarukaEdu

Punya kepedulian yang tinggi juga terhadap pendidikan bangsa, edutech HarukaEdu juga punya program khusus nih buat membantu perkuliahan online. Perusahaan rintisan yang juga punya platform pintaria.com itu menawarkan fitur Learning Management System (LMS).

LMS tersebut sudah menyesuaikan kebutuhan belajar mahasiswa kayak IT support dan help desk yang bakal bantu sistem kuliah online jadi lebih efektif. Sistem ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perkuliahan, baik dari dosen maupun mahasiswanya.

Adapun, HarukaEdu sudah bekerja sama dengan lebih dari 25 kampus di Indonesia. Sementara itu di tahun 2019, dilansir dari Bisnis.com, HarukaEdu telah meraih pendanaan Seri C yang dipimpin oleh SIG, perusahaan perdagangan global yang berbasis di Amerika Serikat.
 

Cakap

PT. Cerdas Digital Nusantara, atau yang dikenal dengan nama Cakap ini, juga punya program yang bisa mendukung kegiatan belajar online di rumah. Dengan layanan Education As a Services (EAAS), Cakap bakal bantuin kamu buat belajar bahasa asing dengan metode interaksi dua arah.

Nah, program ini bikin jadi berasa kayak lagi belajar langsung di kelas karena kita punya akses komunikasi langsung dengan para mentor. Jadi, buat kamu yang lagi mau ujian bahasa asing, kamu bisa memanfaatkan layanan dari Cakap ini.

Perlu diketahui juga, perusahaan rintisan yang dulu bernama Squline ini juga sudah mendapatkan pendanaan sejumlah pendanaan ventura lho. Dilansir dari Bisnis.com, di tahun 2018 lalu, Cakap (saat itu masih bernama Squline) telah mendapat pendanaan Seri A dari Investidea Ventures.