Mau Olahraga saat PSBB Transisi? Perhatikan Dulu Hal Berikut

Sport - Canva

Sport - Canva

“Mens sana in corpore sano,”


“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat,” kata-kata itu sudah enggak asing lagi kan buat kamu?

Semboyan yang berasal dari karya sastra milik Decimus Iunius Juvenalis dan dipopulerkan oleh John Hulley untuk motto Klub Atletik Liverpool tahun 1861 ini, memang relate banget sama kehidupan kita nih, Be-emers.

Olahraga memang penting banget buat menjaga kebugaran tubuh kamu. Namun, apakah melakukan olahraga saat pandemi tetap aman?

Pandemi Covid-19 memang membuat kita harus bersabar untuk melakukan aktivitas #DiRumahAja. Namun, baru-baru ini Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Semua fasilitas dan tempat umum, dari mal hingga pusat olahraga, kini sudah bisa digunakan kembali oleh publik. Namun, penggunaannya masih dibatasi.

Nah, buat kamu yang suka berolahraga di luar rumah dan menggunakan fasilitas olahraga untuk umum, dilansir dari laman Bisnis, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan nih.

Baca JugaPSBB Transisi Jakarta Mulai Berlaku, Ini Kegiatan yang Diizinkan Beroperasi


Olahraga Outdoor

Kalau kamu memilih sarana olahraga di luar ruangan, hal ini enggak masalah kok buat dilakukan. Asalkan, kamu tetap melakukan protokol Covid-19, seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan sebelum, selama, dan sehabis berolahraga. 

Selain itu, fasilitas olahraga terbuka hanya boleh digunakan maksimal 50 persen dari kapasitas. Ketentuan lainnya adalah alur pergerakan orang pada saat berganti periode permainan harus diatur dan menjaga jarak minimal 2 meter.
 

Olahraga Indoor

Untuk fasilitas olahraga di dalam ruangan, berdasarkan ketentuan dari Pemprov DKI Jakarta, harus dilengkapi sama alat pengatur sirkulasi udara. Selain itu, petugas di tempat kebugaran juga wajib pakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Beda sama fasilitas olahraga di luar ruangan, di tempat ini hanya boleh digunakan maksimal 25 persen dari kapasitas. Jarak antar orang dan antar alat olahraga juga minimal 2 meter. 

Olahraga atau latihan bersama, sayangnya, cuma bisa dilakukan di fasilitas olahraga outdoor nih, Be-emers. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan peralatan milik pribadi, misalnya membawa bola basket sendiri, raket, dan sebagainya.

Baca Juga: Masuk PSBB Transisi, Simak Yuk Cara Hadiri Acara saat Pandemi