Ini Makanan Penyebab Kolesterol

Makanan Penyebab Kolesterol (Sumber: Pixabay.com)

Makanan Penyebab Kolesterol (Sumber: Pixabay.com)

Mayoritas masyarakat Indonesia cenderung menggemari makanan yang digoreng dengan banyak minyak. Aneka gorengan yang krispi dan berminyak memang terlihat menggairahkan dan selalu dapat meningkatkan selera makan.

Selain itu, ada pula makanan bersantan yang juga digemari banyak orang. Tak ayal, warung Masakan Padang yang banyak menggunakan santan untuk masakannya menggunakan selalu laris diburu oleh banyak orang.

Dibalik kenikmatan gorengan dan juga masakan Padang, ternyata ada bahaya yang ditimbulkan jika dikonsumsi secara berlebih. Berikut akan diulas jenis makanan penyebab kolesterol. 


Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah salah satu kandungan lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi secara berlebih. Biasanya, makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi berasal dari produk hewani.

Daging sapi atau kambing yang masuk ke dalam golongan daging merah adalah satu contoh makanan yang banyak memiliki kandungan lemak jenuh. Terlebih jika kamu sering memakan steak daging dengan bagian yang banyak lemak. 

Produk hewani lainnya yang mengandung lemak jenuh, adalah susu dan berbagai macam produk olahan susu lainnya. Meski tergolong makanan dan minuman yang sehat, namun  jangan berlebihan mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat menyebabkan kolesterol ini. 

Terakhir, makanan penyebab kolesterol yang memiliki kandungan lemak jenuh yang pastinya sering kamu konsumsi adalah makanan fast food. Salad buah dengan dressing saos mayo yang terlihat sehat nyatanya juga mengandung lemak yang berbahaya.


Makanan Mengandung Lemak Trans

Beberapa makanan seperti daging, susu dan produk olahannya secara alami juga mengandung lemak trans dalam kadar yang kecil. Tapi tetap saja, makanan tersebut dapat menyebabkan banyak resiko penyakit jika dikonsumsi berlebihan.  

Selain lemak trans alami, kandungan ini juga banyak yang  berjenis lemak buatan. Jenis lemak trans buatan ini seringkali kamu jumpai pada kandungan biskuit, cake ataupun roti. Lemak ini terbentuk dari proses hidrogenasi yang biasa dilakukan di pabrik biskuit atau roti. 

Makanan penyebab kolesterol ini, secara tidak sadar seringkali kamu konsumsi karena rasanya yang enak dan manis. Selain itu beberapa produk ini seringkali dijadikan camilan yang bisa dikonsumsi setiap saat. 

Tidak hanya pada makanan manis, lemak trans juga dapat ditemui pada makanan gurih seperti di keripik jagung, tortilla, dan aneka keripik lainnya. Dan juga, lemak ini terkandung pada krimer kopi yang banyak digemari.

Baca juga:  Penyebab Kolesterol di Kalangan Anak Muda


Makanan Mengandung Kolesterol Alami Pada Hewani

Pada beberapa makanan tertentu seperti ginjal, hati, usus, telur dan udang terdapat kandungan kolesterol alami di dalamnya. Sehingga, makanan-makanan ini ada baiknya tidak terlalu sering untuk dikonsumsi.

Kandungan lemak alami  dengan kadar yang cukup tinggi pada makanan penyebab kolesterol ini, akan dengan cepat menaikkan kadar kolesterol kamu. Lalu, berbagai macam penyakit seperti jantung dan stroke bisa saja dengan mudah menyerang meskipun di usia muda.   


Makanan Mengandung Lemak Tak Jenuh

Berbeda dari sebelumnya, lemak tak jenuh adalah kebalikan dari makanan yang mengandung lemak jenuh. Kegunaan dari lemak ini adalah untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh kamu. 

Beberapa makanan seperti ikan makarel, salmon serta kacang almond dan mede dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan seperti ini bisa dikonsumsi untuk mengimbangi makanan berlemak lainnya.

Mengkonsumsi makanan berlemak dapat menimbulkan kolesterol yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Setelah mengetahui berbagai macam makanan berlemak jahat dengan segala resikonya, kamu masih tertarik untuk mengkonsumsinya secara berlebihan? 

Berbagai makanan diatas memang lezat untuk dikonsumsi, tapi jika dikonsumsi terus menerus kamu harus pertimbangkan juga efek jangka panjangnya. Jangan sampai kamu terkena penyakit kolesterol di usia muda.

Baca juga: Mau ke Salon saat Pandemi? Ini Tips Aman Buat Kamu