Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia?

Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia (Sumber: Pixabay.com)

Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia (Sumber: Pixabay.com)

Alasan dari mengapa kita harus cinta produk Indonesia, karena disaat resesi perekonomian Indonesia saat ini kuncinya ada pada masyarakatnya. Daya beli yang saat ini kita miliki harus dipergunakan sebijak mungkin. 

Di era teknologi yang semakin canggih ini, banyak sekali produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. Mulai dari teknologi, fashion, camilan, dan yang lainnya. Padahal ada banyak alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia kita sendiri.

Di saat kita bangga dan mencintai produk dalam negeri, akan banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh negeri tercinta kita ini. Bahkan, kita juga bisa membuat produk dalam negeri pantas bersaing di kancah internasional.

Dilansir melalui Bisnis.com, Jokowi saja percaya dengan kualitas produk lokal, ia juga menghimbau agar kita masyarakat mencintai produk dalam negeri. Sebagai bukti mencintai produk buatan dalam negeri, terdapat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa sebaiknya kita patut bangga dengan produk buatan asli khas masyarakat Indonesia. 


Dapat Menambah Peluang Lapangan Pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri, Negara Indonesia memiliki tingkat pengangguran yang lumayan tinggi. Faktor pendidikan pun juga tidak menjamin seseorang akan mendapat pekerjaan yang layak. Bahkan masih banyak orang yang berpendidikan tinggi namun masih pengangguran.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa memulai dengan usaha kecil seperti membeli produk buatan negeri. Setiap produk yang dibeli tentu akan menguntungkan sektor pengusaha tersebut. 

Pembelian produk dalam negeri akan meningkatkan keuntungan sektor usaha produk dalam negeri. Dari sanalah akan terbuka peluang dan kesempatan bekerja bagi mereka Ini merupakan salah satu alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia.

Baca Juga: Kosmetik You, Kosmetik Lokal Go Online


Membuat Produk Dalam Negeri Semakin Dikenal

Dengan mendukung berbagai produk buatan negeri, pengusaha produk tersebut akan semakin dikenal dan bisa mendapatkan banyak permintaan. Dengan demikian, usaha yang mereka bangun akan memiliki peluang untuk berkembang lebih maju.

Dengan meningkatnya permintaan produk, para pengusaha dalam negeri bisa menjadi lebih produktif untuk menghasilkan produk yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Bahkan mereka akan semakin pantas untuk bersaing di pasar global.

Selain itu, meningkatnya permintaan produk tentu saja pendapatan dan pemasukan mereka akan semakin bertambah. Dengan begitu, kesejahteraan merek akan semakin terjamin dan menjadikan pribadi yang lebih kretif dalam mengembangkan produk dalam negeri.


Dapat Meningkatkan Pendapatan Negara

Devisa merupakan alat yang digunakan untuk pembayaran dalam lingkup internasional. Semakin tinggi cadangan devisa suatu negara, maka akan semakin tinggi pula stabilitas ekonomi dalam negara tersebut. Hal inilah yang membuat devisa sangat penting dalam negara.

Dengan meningkatkan omset penjualan para pengusaha dalam negeri, akan secara otomatis menambah pendapatan dan devisa negara. Hal ini dapat menjadi alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia karena bisa memajukan perekonimian negara.

Sebaliknya, jika anda gemar membeli produk dari luar negeri makan kemungkinan mereka akan semakin banyak memasok produknya ke negara Indonesia. Dengan demikian, produk lokal akan semakin sepi peminatnya. 

Menambah Jumlah Investasi Di Indonesia

Dengan kualitas produk yang semakin baik, produk buatan dalam negeri akan semakin dikenal banyak orang. Kesempatan ini bisa mendatangkan investor yang ingin menanamkan modal pada usaha dalam negeri. 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan bagi pengusaha dalam negeri ketika produk dalam negeri semakin dikenal dan dilirik para investor yakni, dapat menambah penghasilan, memperluas sumber dana, dan masih banyak lainnya. 

Para investor yang menanamkan modalnya kepada pengusaha juga akan semakin meningkatkan pendapatan per kapita. Meningkatnya PDB akan secara otomatis memajukan perekonomian Indonesia. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan mengapa kita harus cinta produk Indonesia.

Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia masih berpikir bahwa produk buatan Indonesia masih kalah saing dengan produk buatan luar negeri. Padahal, dengan membeli produk dalam negeri, akan semakin menguntungkan negara.

Salah satunya, dengan peningkatan kualitas produk dalam negeri. Untuk itu, sayangi produk buatan Indonesia!

Baca juga: Resesi Ekonomi 2020? UMKM Pastikan Sudah Go Digital, Ini Langkahnya!