Mayones untuk Salad Buah Bikin Tidak Sehat

Mayones untuk salad buah (Sumber: Pixabay.com)

Mayones untuk salad buah (Sumber: Pixabay.com)

Salad buah merupakan makanan baik yang kaya akan vitamin dan mineral bagi tubuh. Tak hanya itu, jenis buah buahan dalam salad mengandung karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh. Menambahkan mayones untuk salad buah juga dapat meningkatkan asupan nutrisi dan pastinya kalori makanan. 

Namun perlu diperhatikan bahwa penambahan mayones dalam salad buah yang tidak sesuai aturan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Penelitian ahli medis mengklaim bahwa komposisi mayones tidaklah sehat bagi tubuh.

Menurut Bisnis.com konsumsi mayones dalam jumlah besar bisa menyebabkan kamu bisa terkena serangan jantung dan penyakit arteri koroner serta tekanan darah tinggi. 

Ahli medis pun juga menilai bahwa mayones hanya akan menambahkan kalori dan lemak yang tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, mayones juga dapat menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. 


Komposisi Dan Kandungan Mayones 

Sebagian besar varian mayo terbuat dari minyak, jus lemon atau cuka, kuning telur, garam, mustard, dan keju. Satu porsi salad buah yang penuh dengan vitamin menjadi berbahaya jika menambahkan mayones terlalu banyak.

Untuk satu cangkir mayones sendiri, memiliki kalori sebanyak 1440 kkal dengan 24 g lemak jenuh, dan 160 gram lemak. Dengan jumlah lemak dan kalori yang terbilang besar, penambahan mayones ke dalam salad akan menurunkan manfaat baik buah buahan di dalamnya.

Meski berkalori tinggi, mayonaise untuk salad buah juga mengandung banyak vitamin serta mineral seperti, 20 g kalium, 1 g protein, 635 mg natrium, Vitamin A, Vitamin B12, Zat besi, serta Vitamin E dan K yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Setiap sendok salad buah dengan mayones memiliki kandungan kalori sekitar 125 kkal. Untuk itu, konsumsi mayones dalam jumlah besar akan meningkatkan risiko penyakit jantung dengan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Berbagai Manfaat Lari Pagi untuk Produktivitas


Menambahkan Mayones Ke Dalam Salad Buah

Bisa dikatakan bahwa mayones memang tidak baik bagi mereka yang sedang menjalani masa diet. Hal ini dikarenakan, mayo memiliki kandungan kalori dan lemak yang bisa menjadikan sistem metabolisme dalam tubuh menjadi tidak lancar.

Biasanya, salad buah yang dijual di luaran sana juga ditambahkan beberapa bahan yang bisa membahayakan kesehatan. Umumnya, salad buah diberi banyak mayones dengan taburan keju dan susu atau krimer yang akan sangat berbahaya bila dikonsumsi terlalu sering.

Anda pun juga tidak pernah tahu telur yang seperti apa yang digunakan dalam pembuatan mayonaise untuk salad buah. Bisa saja, telur tersebut telah terkontaminasi bakteri salmonela yang dapat menyebabkan demam, diare, dan sakit perut.


Jenis Mayones Yang Aman Ditambahkan Ke Dalam Salad Buah

Meski cenderung berbahaya, anda bisa tetap menambahkan konsumsi mayones ke dalam salad buah. Adapun, jenis mayones yang direkomendasikan yakni light mayonnaise, reduced fat mayonnaise, alternate oil based mayonnaise, atau veg mayonnaise.

Light mayonaise memilki jumlah kalori sepertiga lebih kecil daripada jenis mayones pada umumnya. Agar lebih sehat, anda juga bisa memilih mayones dengan jenis reduced fat mayonnaise yang memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh lebih rendah.

Apabila anda ingin memilih mayones yang lebih sehat lagi, anda bisa mencoba alternate oil based mayonnaise yang umumnya terbuat dari canola dan minyak zaitun.

Kandungan bahan tersebut akan semakin menambah manfaat baik pada salad buah yang anda buat. Nah, perlu dingat juga kalau mayones tidak bisa kamu gunakan sebagai dressing ketika kamu sedang menjalani diet keto

Apabila anda ingin menggunakan mayo yang lebih sehat lagi, bisa menggunakan jenis veg mayonnaise. Jenis mayonaise untuk salad buah ini juga sangat baik untuk kesehatan karena terbuat dari beragam sayuran sehat.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah, apabila anda tidak sedang dalam masa diet, silahkan mengkonsumsi mayonaise yang juga memiliki manfaat baik bagi tubuh. Tapi, perlu diingat, makanlah dengan jumlah pas dan tidak berlebihan agar kebaikan dari mayonaise tidak menjadi berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Ini Makanan Penyebab Kolesterol