Berikut Menu Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Menu makanan untuk penderita asam lambung (Sumber: Pixabay.com)

Menu makanan untuk penderita asam lambung (Sumber: Pixabay.com)

Menu makanan sehat untuk penderita asam lambung sebenarnya sederhana saja. Hal yang perlu kamu pastikan, jangan sampai perutmu kosong.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung, pasti tahu rasa sakitnya seperti apa. Ketika maag menyerang, sakit yang biasa muncul umumnya terasa seperti perih dan melilit di perut.

Hal tersebut dikarenakan tidak berfungsinya lingkaran otot pada bagian bawah esophagus untuk membuat makanan atau minuman agar turun ke perut. Penyakit ini biasanya dikarenakan pola makan yang tidak teratur dan menu yang kurang sehat. 

Asam Lambung bisa tetap terjaga dengan cara makan pada porsi yang kecil tetapi sering. Selain itu, makanan atau minuman yang dapat memicu iritasi lambung seperti asam, pedas, lemak. Maka dari itu, perlunya untuk mengonsumsi menu makanan untuk penderita asam lambung.


Kentang atau Nasi Putih 

Pada dasarnya makanan berjenis biji utuh seperti gandum, jagung, nasi merah roti dan pasta merupakan bahan makanan yang tidak cocok bagi penderita maag. Makanan tersebut sulit untuk dicerna pemilik gangguan asam lambung. 

Dari pada memilih menu makanan tersebut, pilihlah menu makanan yang mudah dicerna, misalnya kentang dan nasi. Nasi bisa mudah sekali dicerna sedangkan kentang mempunyai sifat alkali yang bisa menetralisir adanya asam lambung dengan cepat dan aman. 

Baca juga: Mengobati Asam Lambung (GERD) Tiba-tiba? Ini Caranya!


Susu Rendah Lemak 

Susu adalah salah satu asupan yang kurang dianjurkan untuk penderita maag. Bagi sebagian orang, dampak dari mengkonsumsi susu bisa membuat perut terasa terbakar. Biasanya hal ini dikarenakan susu tinggi lemak butuh waktu yang lama untuk dicerna perut.

Menu makanan untuk penderita asam lambung berupa produk olahan susu seperti krim kental atau keju juga perlu dihindari karena tingginya kandungan garam. Namun apabila kamu ingin minum susu, sebaiknya pilihlah jenis yang rendah lemak. Sedangkan keju, pilihlah yang rendah kandungan garamnya. 


Hidangan Laut, Telur dan Ayam

Telur dan putih telur bisa menjadi pilihan menu bagi penderita maag kronis. Namun, kamu perlu menghindari teknik memasak dengan digoreng. Pilihlah telur yang direbus, dipanggang, atau di orak-arik. Makanan yang mengandung protein ini bisa membuatmu tetap fit dan sehat. Namun, kamu perlu mempertimbangkannya baik-baik. 

Daging merah juga tidak dianjurkan untuk dimakan bagi penderita maag. Maka dari itu penderita maag bisa menggantinya dengan ayam atau hidangan laut. Seperti halnya telur, hindari teknik memasak dengan cara menggoreng. Pilihlah yang ditumis, atau direbus. 


Wortel Apel dan Labu

Makanan yang perlu dihindari selanjutnya adalah sayur dan buah yang terlalu asam seperti tomat, jeruk dan bawang. Menu makanan untuk penderita asam lambung tersebut sulit untuk ditoleransi bagi lambung karena rentan menimbulkan iritasi. 

Meskipun ada buah yang dikenal tidak memiliki lemak tak jenuh seperti alpukat, buah ini juga tidak direkomendasikan. Pasalnya alpukat relatif lama dicerna perut. Untuk itu, pilihlah sayur dan buah yang cenderung netral dan tidak asam seperti apel, wortel dan labu. 


Batasi Asupan Gula 

Selain memilih jenis sayur dan buah yang sehat, kamu juga perlu membatasi asupan gula. Asupan atau kadar gula dan tinggi lemak perlu dihindari karena membuat kerja lambung lebih berat. 

Hindari juga konsumsi es krim, kue, dan puding yang mengandung banyak krim, coklat dan gula. Bahan makanan tersebut bisa memicu peradangan di lambung. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan kunir, madu, jahe untuk membuat saluran pencernaan nyaman.


Membatasi Konsumsi Kafein

Menu makanan untuk penderita asam lambung memang tidak sembarangan. Seperti halnya kopi dan teh bisa dikonsumsi, namun kedua minuman tersebut cenderung tinggi kadar asamnya dan sangat tidak direkomendasikan. 

Minuman soda, jus jeruk dan minuman berenergi juga tidak disarankan. Beberapa minuman jus yang juga mengandung banyak gula juga tidak boleh diminum. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang rendah lemak dan rendah kandungan asam agar tetap sehat.  

Nah, gimana teman-teman? Kesehatan itu sangat berarti sekali, jika kamu sakit tentunya sangat menyita waktu dan menguras tabunganmu. Untuk itu, mulai jaga kesehatan tubuhmu sedari sekarang!

Baca juga: PSBB Lagi, Yuk Simak Ini Manfaat Jahe Untuk Kesehatan!