Ini 3 Tips dari WHO untuk Kebutuhan Masker Berdasarkan Aktivitas dan Usia

Mask - Canva

Mask - Canva

Selama pandemi ini, kita semua wajib banget pakai masker. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Pemakaian masker ini bukan semata-mata sugesti belaka lho, Be-emers. Dari informasi di laman resmi lembaga kesehatan dunia (WHO), cara pencegahan penularan Covid-19 bisa dengan mudah dilakukan dengan:
  • Menjaga jarak aman dan menghindari kerumunan
  • Mencuci tangah
  • Menjaga sirkulasi udara, dan tentunya
  • Menggunakan masker

Nah, selama ini, kita memang dianjurkan untuk memakai masker kain untuk mencegah penularan virus. Hal itu dilakukan untuk mengatasi keterbatasan persediaan masker kesehatan atau masker medis.

Sekarang kita memang sudah masuk ke fase dimana masker merupakan bagian dari gaya hidup. Kemana pun, terutama saat bepergian ke luar rumah, kita wajib melindungi diri dengan memakai masker.

Nah, menurut WHO, yang dikutip dari laman Bisnis, untuk penggunaan masker yang baik, kamu perlu melakukan hal ini:
  • Sebelum mengenakan dan sesudah melepas masker, bersihkan tangan pakai sabun atau sanitizer.
  • Pastikan masker yang dipakai menutupi hidung, mulut, dan dagu.

Selain itu, ada 3 tips spesifik nih untuk kebutuhan masker, yang disesuaikan berdasarkan siapa, kapan, jenis masker, hingga berapa banyak virus yang bakal beredar di tempat kamu lho!
 

Masker Kain

Kamu bisa mengenakan masker kain untuk penggunaan sehari-hari nih, kecuali kamu masuk dalam kelompok risiko tertentu.

Misalnya, kamu dalam keadaan dimana enggak bisa menjaga jarak fisik. Bahkan, ketika kamu berada dalam  ruangan dengan pengaturan dalam ruangan yang padat dan berventilasi buruk.
 

Masker Medis/Bedah

Masker ini bisa diutamakan untuk dipakai oleh orang dengan usia lebih dari 60 tahun. Selain itu, masker ini juga diprioritaskan untuk seseorang yang punya  kondisi medis yang mendasari, merasa tidak enak badan, dan/atau sedang merawat anggota keluarga yang sakit.

Jadi, kalau kamu masih sehat, sebaiknya kamu pakai masker kain dulu ya!
 

Masker Medis untuk Petugas Kesehatan

Sesuai namanya, masker medis memang sebenarnya juga diprioritaskan untuk para petugas kesehatan. Selain itu, masker medis juga diperuntukan sebagai 

Makanya, masker pernapasan (seperti FFP2, FFP3, N95, N99) harus digunakan dalam pengaturan di mana prosedur yang menghasilkan aerosol dilakukan dan harus dipasang untuk memastikan ukuran yang tepat dipakai.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum, Kalau Maskermu Baik atau Tidak? Yuk, Kenali Jenisnya!