Roti Ubi, Kuliner Viral dari Korea Selatan

instagram.com/carlinobakes/

instagram.com/carlinobakes/

Masa pandemi, bukan berarti bisnis kuliner mati. Akhir-akhir ini, jika kita amati, sering muncul berbagai kuliner unik dan viral saling berganti.

Melihat tren kuliner belakangan ini, banyak pengusaha mulai melirik pada kuliner khas dari Korea Selatan. Awal tahun kemarin sempat viral kopi dalgona, kemudian pertengahan tahun mulai muncul tren garlic cheese bread.

Nah, itu semua sebenarnya merupakan kuliner khas Korea Selatan lho.

Menuju akhir tahun, mulai muncul kembali makanan khas dari Korea Selatan yang juga menjadi kuliner viral di masyarakat Indonesia, yaitu Goguma Ppang.

Ggoguma Ppang berasal dari bahasa Korea, ‘ggoguma’ berarti ubi dan ‘ppang’ berarti roti. Jadi, makanan ini adalah roti ubi atau roti berbentuk ubi yang juga berisi ubi.

Roti ini cepat viral karena bentuk dan konsepnya yang unik. Berasal dari Kota Haenam, Korea Selatan, walaupun roti ini dibuat seolah-olah mirip ubi ungu sesungguhnya, ternyata memiliki banyak bahan yang menjadikan cita rasa makanan ini unik dan lezat.

Pada bagian luar dibuat seolah-olah kulit ubi; memakai roti yang terbuat dari tepung tapioka sehingga teksturnya kenyal seperti mochi dan ditaburi bubuk halus berwarna ungu sehingga persis seperti kulit ubi ungu sesungguhnya.

Baca Juga: Tren Bisnis Bakery Rumahan, Mau Ikutan? Ini Tipsnya

Lalu pada bagian isinya diisi oleh ubi yang sudah dihaluskan dan banyak yang mencampurkan dengan keju yang meleleh. Sekilas tampak roti ubi ini persis seperti ubi sungguhan baik dari tampak luar dan juga isinya.

Roti ubi ini menjadi cepat viral bukan hanya karena konsepnya dan cita rasanya yang unik, tapi juga sistem pemasarannya.

Kebanyakan para pengusaha goguma ppang menjual secara online, baik melalui sosial media maupun lewat marketplace online, sehingga para peminatnya menjadi mudah memesan dan juga membagikannya dengan kerabatnya secara cepat dan meluas.

Harga dan sistem pemesanan yang ditawarkan beberapa penjual roti ubi ini juga beragam. Kebanyakan penjualannya dilakukan dengan sistem PO melalui media sosial. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari 95 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah, tergantung kualitas bahan, isian, dan juga brandnya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa brand goguma ppang yang banyak diminati masyarakat. Mengutip dari Detik.com beberapa brand tersebut antara lain Carlino Bakes, Beli Bekal X Kinaru, Fouet Homemade, Cala Culu, dan Adonan Mama.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan cita rasa roti unik ala Korea ini, bisa dicoba memesan goguma ppang tanpa perlu repot mencarinya di luar rumah dan was-was akan corona.

Mungkin, di antara kalian ada yang memiliki rekomendasi tempat lain jajan online goguma ppang yang maknyus?

Baca Juga: Tips Sukses Dari Kisah Park Seroyi di Drama Korea Itaewon Class