Membangun Pribadi Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Menjadi produktif bukanlah milik mereka yang mengandalkan keuntungan dari keadaan, melaikan milik mereka yang mau dan berusaha

Menjadi produktif bukanlah milik mereka yang mengandalkan keuntungan dari keadaan, melaikan milik mereka yang mau dan berusaha

Like
Berapa lama waktu yang sudah Anda jalani di hidup ini? Untuk apa saja waktu anda dihabiskan?

Apa hasil dari waktu yang udah dihabiskan tersebut? Seberapa manfaatnya hasil itu untuk diri Anda dan orang lain?

Mungkin dari kita tidak menyadari waktu berjalan begitu cepatnya, bahkan sangat tidak terasa. Waktu yang dihabiskan bisa saja menjadi keuntungan yang besar atau mungkin akan menjadi kerugian yang besar bagi diri sendiri.

Kita lihat keadaan hari ini, masa pandemi Covid-19 membuat orang-orang menjadi terbatasi ruang gerak mereka. Waktu kosong yang tersedia menjadi banyak dan bahkan tidak dimanfaatkan, menjadi terbuang sia-sia. Rasa malas yang sudah menjadi kebiasaan menjadi hambatan berat bagi mereka orang-orang yang "katanya" mau maju. 

Banyak orang-orang yang hanya mengisi waktu luang mereka dengan bermain game di HP. Membuang uang mereka demi membeli hal-hal yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.

Menghabiskan waktu mereka dengan mengobrol hal-hal yang tidak begitu penting dengan teman. Pergi jalan-jalan hanya sekedar mengisi waktu luang mereka dengan senang-senang.

Akibatnya, waktu kosong mereka terbuang dengan sia-sia dan tidak menghasilkan apa-apa. Padahal, ada kerjaan yang lebih penting dari sekedar bermain game, ngobrol dengan teman, dan jalan-jalan. Pekerjaan menjadi tidak selesai, tugas terbengkalai, waktu yang hilang begitu saja tanpa ada hasil yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Lantas, apakah kita hanya bisa berdiam melihat itu saja?

Tentu tidak, karena orang yang hebat adalah orang yang bisa mengatur dirinya dan mampu memberi manfaat bagi orang banyak. Pandemi ini bukan alasan untuk tidak produktif, melainkan sebuah tantangan untuk bisa kita taklukan.

Banyak hal yang belum kita ketahui dan jelajahi di dunia ini, maka sudah waktunya bagi Anda untuk sadar bahwa pengetahuan dalam diri Anda itu tidak cukup hanya itu saja.

Ubahlah pola pikir Anda menjadi hebat. Jadikan masalah sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik lagi. 

Berikut 7 cara agar pribadi menjadi produktif di masa pandemi Covid-19:

1. Mengurangi rasa malas
Penyakit yang satu ini banyak menghinggapi orang-orang. Suatu hal kewajaran jika kita merasa malas melakukan sesuatu, tetapi menjadi tidak wajar jika terus-terusan malas. Maka dari itu, yang harus dilakukan adalah mengurangi rasa malas Anda. Salah satu caranya adalah membuat prinsip tertentu untuk dijalani tiap harinya. Seperti, melatih diri Anda untuk mengulang aktifitas kecil yang positif setiap harinya. Dan rutinitas ini akan menjadi budaya atau kebiasaan yang akan Anda pakai terus karena sudah dilatih sebelumnya. Maka dari situ, Anda akan menjadi pribadi yang disiplin dan tidak bermalas-malasan.

2. Mengatur waktu
Banyak orang-orang susah mengatur waktu mereka, bahkan setiap harinya mereka lalui dengan begitu saja tanpa ada kegiatan yang memberi hasil untuknya.

Maka dari itu, yang harus dilakukan adalah membuat jadwal waktu selama seminggu yang sudah ditentukan apa saja yang akan dilakukan selama seminggu tersebut. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Kelihatannya ribet banget, kenapa harus melakukan itu? 

Fungsinya adalah sebagai pengukur manajemen waktu Anda sampai mana. Apakah sudah lebih baik kah atau sama saja? Tidak apa-apa jika sama saja.

Setidaknya, Anda sadar dan tau kapan saja waktu yang efisien dan kapan saja waktu yang Anda tidak terlalu produktif. Memanfaatkan waktu produktifnya untuk berkarya dan mengembangkan bakat semaksimal mungkin untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Menentukan Target
Menentukan target bisa membuat Anda fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai, sehingga Anda tau apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu ditinggalkan. Ciri orang produktif akan selalu mencari tau bagaimana caranya bisa mencapai target yang diinginkannya dan tau mau kemana tujuannya.

Hal tersebut akan membuat pribadi Anda menjadi giat belajar dan mencari tau banyak hal untuk menggapai target tersebut. Maka dari itu, buatlah target Anda sendiri untuk kedepannya, setidaknya untuk hari esok apa yang akan anda capai dalam hidup Anda.

4. Berolahraga
Berolahraga membuat diri Anda menjadi berkeringat. Hal itu akan menjadikan diri Anda sehat dan bersemangat dalam beraktifitas.

Apalagi, jika Anda mengerjakan olahraga yang Anda sukai, itu akan membuat diri Anda menjadi bersemangat dalam menjalaninya. Anda akan menjadi sehat dalam melanjutkan aktifitas Anda lagi. 

5. Memiliki lingkungan dan teman baik
Memiliki lingkungan dan teman yang baik akan memberi energi positif kepada Anda. Begitupula dengan Anda berada di lingkungan dan teman yang buruk, hal itu akan memberikan energi negatif kepada diri Anda.

Contohnya, jika Anda berada disekeliling teman yang giat belajar, maka Anda akan ikut giat belajar juga bersama mereka. Begitupula jika Anda berada disekeliling teman yang malas belajar, maka Anda akan ikut malas juga untuk belajar.

Oleh karena itu, carilah lingkungan dan teman yang baik untuk meningkatkan kepribadian Anda menjadi lebih baik lagi, karena dampak dari lingkungan dan temen sangatlah besar untuk kepribadian Anda nantinya.

6. Temukan passion Anda
Bekerja atau belajar dengan bakat yang dimiliki sangatlah bermakna, karena akan membawa kebahagiaan dalam menekuninya. Sedangkan bekerja atau belajar hanya untuk mendapatkan uang atau nilai itu sangatah kurang bermakna.

Walaupun Anda mendapat gaji besar atau nilai besar, Anda tidak bahagia karena kegiatan yang Anda tekuni bukanlah kegiatan yang Anda gemari atau sukai. Oleh karena itu, temukanlah kegiatan yang Anda minati lalu fokuslah dalam membangun karir di bidang tersebut untuk masa depan yang lebih baik lagi.

7. Sediakan me time
Seberapa banyak kegiatan Anda dalam mencapai target Anda, menyediakan waktu sendiri untuk bersantai dengan tenang itu penting juga. Pikiran dan tubuh juga perlu waktu untuk istirahat agar bisa mempersiapkan diri lebih siap lagi melanjutkan proses untuk mencapai target Anda.

Dengan menyediakan waktu luang untuk bersantai dan tenang, hal itu akan membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh menjadi ringan lagi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyediakan waktu sendiri untuk bersantai dengan tenang.

Itulah beberapa cara agar bisa membangun kepribadian Anda menjadi lebih produktif lagi. Apapun yang Anda pilih, lakukanlah semua hal tersebut sesuai dengan bakat yang Anda punya. 

Orang yang hebat adalah orang yang memulainya dan tidak menyerah sebelum menyelesaikannya. Orang itu bisa jika dia ada kemauan dan usaha untuk dapat meraihnya.

Selain berusaha, jangan lupa selalu diiringi dengan berdoa.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat dan bisa membuat diri Anda sadar bahwa Anda adalah orang hebat. Tetaplah semangat dan pantang menyerah! Raihlah kesuksesan Anda! Selamat mencoba, semoga berhasil. Terima kasih.