Punya Bisnis Kecil-Kecilan? Begini Tips Pemasarannya

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Jika kamu berpikir menjalani usaha bisa langsung besar, kamu kayaknya keliru deh, Soalnya, memulai usaha itu bisa dari hal yang kecil dulu kok.

Menjalani bisnis kecil-kecilan kerap kali jadi tren juga nih di masyarakat. Bahkan, pelakunya juga merupakan karyawan kantoran yang punya bisnis sampingan dengan skala kecil sebagai pemasukan tambahan.

Meskipun masih terbilang kecil, tapi bisnis kamu juga perlu dipasarkan dengan baik lho! Soalnya, pemasaran yang baik akan membantu bisnis kamu jadi berkembang dan punya jangkauan pelanggan yang lebih luas.

Nah, dikutip dari Bisnis, ini 7 tips pemasaran untuk bisnis kecil-kecil kamu biar semakin inovatif.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing
 

Bagikan Pesan

Untuk bisnis kecil, penting untuk mengetahui apa pesan dari bisnis kamu dan bagaimana kamu membagikannya kepada audiens. Pemasaran bisnis kecil bergantung pada merek yang ditentukan dan memastikan orang memahaminya.

Penting sekali untuk bisa menceritakan kisah brand kamu. Hal ini bakal mempermudah konsumen kamu untuk terhubung dan terlibat dengan produk atau layanan kamu.

Maka, jadikan cerita brand kamu sesuatu yang dapat diingat orang. Dengan begitu, mereka lebih cenderung memikirkan kamu dan bisnis kecil kamu ketika mereka membutuhkan layanan yang kamu berikan.
 

Berinteraksi dengan Komunitas

Bisnis kecil merupakan bagian integral dari komunitas lokal. Terlibat dengan komunitas itu adalah bagian penting dari pemasaran bisnis kecil. Kalau kamu aktif di komunitas, bisnis kecil kamu akan berkembang pesat.

Selain itu, dukung organisasi nirlaba lokal. Coba bicaralah dengan para pemimpin komunitas untuk membantu menyebarkan info tentang bisnis kamu.

Komunitas kamu juga melampaui area geografis. Ini juga mencakup bisnis lain yang terlibat di sektor kamu. Misalnya, jika kamu adalah sumber media yang meliput apa yang dilakukan bisnis kecil kamu, bantu mereka dengan informasi dan cerita.