Produk Reksa Dana Berikut Ini Bagi Dividen Tiap 3 Bulan Lho!

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Buat investor, kata “dividen” mungkin jadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Soalnya, dividen merupakan keuntungan dari emiten (perusahaan terbuka) yang dibagikan kepada para investornya.

Nah, enggak cuma di instrumen saham, kamu yang berinvestasi di instrumen reksa dana juga bisa dapat dividen kok.

Umumnya sih, dividen reksa dana bisa kamu dapatkan di produk reksa dana terproteksi dan reksa dana pasar uang, Meski begitu pembagian dividen juga kerap terjadi di reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham.

Bahkan, instrumen reksa dana juga ada yang bisa bagi dividen secara berkala kayak instrumen investasi saham lho!

Diketahui dari Bisnis, PT Eastsprings Investment Indonesia memperkenalkan sebuah produk reksa dana yang punya fitur pembagian dividen nih, Be-emers. Produk itu bernama Reksa Dana Eastspring Investments Yield Discovery.


Menurut Presiden Direktur Eastspring Indonesia Alan J. Tangkas Darmawan, produk reksa dana ini merupakan reksa dana berbasis pendapatan tetap dengan penempatan aset 80 persen di obligasi sedangkan sisanya di instrumen pasar uang.

Jadi, nanti reksa dana ini bakal bagi dividen rutin tiap 3 bulan. Tepatnya di pertengahan bulan, dividen tersebut bakal dibayar langsung ke rekening investor.

Nah, untuk besaran dividennya, hal itu tergantung dari hasil pengelolaan reksa dana setiap investor.

Baca Juga: Ada Rebalancing, Kamu Perlu Cermat Review Portofolio Nih!
 

Cocok untuk Investor Moderat dan Berjangka Pendek

Nah, karena nakal kasih investor dividen rutin tiap 3 bulan, produk investasi ini dinilai cocok banget sama kamu yang punya profil risiko investasi moderat.

Selain itu, sesuai sama kelas asetnya, Reksa Dana Eastspring Yield Discovery ini juga pas sama kamu yang punya tujuan investasi jangka pendek hingga menengah, kira-kira 2-3 tahun. Selain itu, produk ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menerima pendapatan setiap kuartal dari sebuah produk investasi.

Adapun, hingga akhir September 2020, dana kelolaan yang terdapat pada Reksa Dana Eastspring Yield Discovery tercatat sebesar Rp 70,62 Miliar dengan jumlah unit penyertaan mencapai Rp 44,10 juta.

Enggak cuma itu, dari segi portofolio, Reksa Dana Eastspring Yield Discovery menjadikan obligasi pemerintah sebagai underlying aset utamanya sebesar 92,62 persen, lalu sisanya ditempatkan di pasar uang dan kas deh.