Benny Tjokro & Heru Hidayat Dihukum Seumur Hidup, Ini yang Dilakukan Bursa Terkait Emiten Afiliasinya

Law - Canva

Law - Canva

Like

Kabar terhangat datang dari kelanjutan polemik kasus perusahaan asuransi Jiwasraya nih, Be-emers.

Berdasarkan informasi dari laman Bisnis, dua terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yakni  Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat, resmi divonis menjalani hukuman seumur hidup!

Selasa (27/10) lalu, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman seumur terhadap dua pengusaha tajir tersebut. 

Keduanya, bersama empat terdakwa lainnya, terbukti bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi dan merugikan negara senilai Rp16,8 triliun lho!

Terus, gimana nasib perusahaan terbuka (emiten) yang terafiliasi dengan Benny Tjokrosaputro dan Heru Hidayat?


Baca Juga: Viral Tolak PSBB Hingga Kekayaan Lenyap 20,1 Persen, Ada Apa dengan Robert Hartono?
 

Bursa Suspensi Saham Afiliasi

Diketahui sebelumnya, setidaknya ada 6 emiten yang terafiliasi sama Benny dan Heru nih, Be-emers. Emiten tersebut antara lain:
  • PT Hanson International Tbk. (MYRX)
  • PT Armidian Karyatama Tbk. (ARMY)
  • PT Rimo International Lestari Tbk. (RIMO)
  • PT SMR Utama Tbk (SMRU)
  • PT Trada Alam Minera Tbk. (TRAM), dan
  • PT Inti Agri Resources Tbk. (IIKP)

Nah, terkait divonisnya Benny dan Heru, menurut Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna, dikutip dari Bisnis, BEI mendukung segala bentuk penegakan hukum yang tengah dijalankan.

Buat kamu yang belum tahu, bursa diketahui tengah melakukan suspensi (menghentikan perdagangan sementara) terhadap enam emiten afiliasi Benny dan Heru. Suspensi tersebut pun sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun 2020 nih, Be-emers.
 

BEI Bakal Gelar Rapat dengan Direksi Para Emiten

Untuk tindakan selanjutnya, Nyoman menyebutkan kalau BEI bakal segera menggelar rapat dengar pendapat dengan direksi dari perusahaan terkait untuk meminta penjelasan.

Jadi, Nyoman menilai, nantinya pihak BEI bakal menanyakan dan mengklarifikasi seperti apa eksekusi atas keputusan yang telah disampaikan di periode terakhir ini.
 

Monitoring Emiten Terkait

Enggak hanya itu, pihak BEI juga bakal melakukan pengawasan serta monitoring kepada emiten-emiten tersebut. Hal itu termasuk dalam hal mengawasi dan mencermati rencana dari para pemegang saham perusahan terkait untuk ke depannya.

Makanya, Nyoman juga mengatakan, perkembangan soal nasib emiten yang terafiliasi dengan Benny dan Heru tersebut bisa diikuti lewat keterbukaan informasi.