Tertarik Terjun di Industri Teknologi? Ini 4 Sektor yang Dinilai Paling Cuan

Technology - Canva

Technology - Canva

Like

Sekarang, teknologi sudah menjadi bagian dari hidup kita nih, Be-emers. Dengan teknologi, hampir semua kegiatan kita bisa jadi lebih efisien.

Dengan ketergantungan kita terhadap teknologi, membuat industri ini kian kuat dan paling punya peluang cuan yang tinggi lho!

Makanya, enggak heran deh, lini usaha di industri teknologi semakin banyak diminati dan bermunculan.

Eits, tapi kamu juga harus tahu dulu nih, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, dalam industri teknologi, ada sejumlah sektor raksasa yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesannya lho!

Baca Juga: Peluang Bisnis Rumah Sakit Berbasis Teknologi!
 

Teknologi Finansial

Kamu pernah dengar istilah tentang tekfin dalam hal keuangan?


Nah, teknologi finansial (tekfin) ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi yang memfasilitasi proses perbankan dan layanan keuangan. Bersifat industri keuangan, pasti sektor industri teknologi spesifik ini dinilai bakal menguntungkan.

Sejumlah contoh sektor tekfin yang paling umum antara lain perbankan seluler, perbankan online, layanan investasi atau pinjaman, dan cryptocurrency. Teknologi ini telah membuat berbagai transaksi keuangan jadi lebih cepat, lebih mudah, dan aman daripada sebelumnya.
 

e-Niaga

Miripi tekfin yang memungkinkan transaksi moneter online, industri e-niaga jadi sangat cuan dalam beberapa tahun terakhir nih, Be-emers. Nilai pasarnya diketahui lebih dari US$102 miliar, dan kemungkinan bakal tumbuh lebih besar seiring lonjakan permintaan belanja online baru-baru ini.

Adapun, e-niaga sebenarnya adalah platform jual beli barang melalui internet. Perusahaan besar seperti Amazon adalah unggulan di sektor bisnis ini, bahkan berhasil menjadikan CEO Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia.
 

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Kalau kamu pernah buka layanan informasi otomatis seperti Google Assistant, Siri di produk Apple Inc., hingga chat bot di website, itu artinya, kamu sudah memanfaatkan teknologi yang biasa disebut sebagai kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi baru, namun tetap berada di urutan teratas dari setiap daftar dalam industri paling menguntungkan di dunia. Ini karena potensi dan bagaimana AI dapat mengubah kehidupan yang terus berkembang.

Nah, setiap sektor sukses yang sudah ada dalam industri teknologi dapat sepenuhnya direvolusi atau digantikan oleh kecerdasan buatan. Hasilnya, teknologi ini telah menarik banyak investor lho.

Baca Juga: Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Bisnis Kamu
 

Teknologi On-Demand

Sering nonton dengan layanan streaming video kayak Netflix, Amazon Prime, Disney+, Hulu atau bahkan Apple TV? Nah, layanan streaming tersebut mengandalkan teknologi on-demand.

Teknologi on-demand merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan orang mengakses produk atau layanan yang mereka inginkan kapan saja dan dari mana saja. Teknologi ini juga disebut sebagai komputasi awan.

Perlu kamu ketahui, teknologi on-demand telah mengkapitalisasi dan menjadi katalisator untuk perubahan kebutuhan konsumen lho! Percaya atau enggak, sektor teknologi on-demand sekarang bernilai lebih dari US$178 miliar!