Mau Jadi Milenial yang Sukses Berbisnis? Begini Tips ala Sandiaga Uno

Sandiaga Uno - Image: Instagram @sandiuno

Sandiaga Uno - Image: Instagram @sandiuno

Like

Jadi milenial yang masih suka boros? Sudah bukan tren lagi dong. Soalnya, sekarang banyak milenial yang justru sudah bisa tajir lebih cepat dan sukses berbisnis lho!

Dengan berbisnis, kamu juga jadi belajar untuk terus kreatif dan inovatif. Selain itu, berbisnis bisa membuat kamu lebih mandiri.

Salah satu pengusaha nasional, yakni Sandiaga Uno, ternyata punya tips berbisnis buat generasi milenial nih.

Dikutip dari laman Bisnis, menurutnya, ada tiga aspek nih yang bisa jadi modal kamu supaya bisa punya bisnis yang berkembang, berkelanjutan, dan memiliki nilai kompetitif.

Baca Juga: Cara Promosi Bisnis Untuk Raih Untung Berlipat
 

Pentingnya Inovasi

Menurut pria yang hobi main basket ini, pengusaha sukses seperti Erick Thohir hingga Rosan Roeslani bisa terus bertahan dan berkembang karena mereka terus berinovasi dari segi layanan serta produknya.


Bagi Sandiaga, inovasi itu penting banget lho, Be-emers. Hal ini bisa jadi keunggulan dari bisnis UMKM alias Usaha Milik Kaum Milenial.
 

Proaktif

Selanjutnya, Sandiaga menilai, milenial juga perlu berorientasi pada usaha yang proaktif. 

Soalnya, menurut pengusaha yang sempat terjun di dunia politik ini, pengusaha yang berhasil itu enggak tinggal diam. Justru, usaha milik kaum milenial harus terus bergerak dan punya velositas atau velocity.

Makanya, sebaiknya kamu tetap bersikap proaktif dan positif, serta optimistis di masa krisis ini, Be-emers. Sehingga, kamu bisa selalu melihat peluang-peluang yang ada.
 

Beradaptasi di Segala Situasi dan Kondisi

Selain itu, penting banget untuk kamu generasi milenial mampu beradaptasi dalam segala situasi dan kondisi.

Sandi melihat bahwa saat ini ada tiga tren besar yang saat ini masih berada di fase awal. Pertama, ada tren digitalisasi dan kesehatan, yang saat ini trennya dipercepat karena adanya pandemi Covid-19.

Selain itu, ada tren energi baru terbarukan. Menurut Sandi, hal itu bakal jadi suatu tren besar bagi kita ke depannya lho.

Terakhir, buat pelaku UMKM di bidang pangan, saat ini sektor dari hulu ke hilir sangat menarik nih. Jadi, ini bisa jadi adalah momentum yang cocok dimanfaatkan bagi generasi milenial.

Menurut Bang Sandi, milenial harus ambil kesempatan ini dan jangan sia-siakan peluang, bahkan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Punya Bisnis Kecil-Kecilan? Begini Tips Pemasarannya