Intip Khasiat Segelas Teh bagi Kesehatan dan Peluang Usaha

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Tidak ada yang lebih nikmat daripada meminum teh hangat di pagi hari yang tenang ditemani angin semilir pagi nan dingin. Atau mungkin di sore hari, ditemani senja yang hendak terbenam, menikmati sinar lembut yang dipancarkannya sembari menghirup dan menyeruput sercangkir teh hangat.

Aktivitas apapun itu, baik saat santai maupun teman kala sibuk, teh memang cocok mendampingi keseharian kita. Harumnya yang mampu menenangkan dan berbagai khasiat yang tersimpan di dalamnya, membuat banyak orang mulai menyadari kebutuhannya akan teh.

Tren minum teh di Indonesia sendiri sudah terlihat perkembangannya. Banyak produk teh yang sudah dikreasikan menjadi kuliner kekinian, misal bubble tea dan cheese tea yang menjadi salah satu minuman yang disukai masyarakat.

Di samping kuliner berbagai kreasi teh, tren minum teh murni alias teh asli berkualitas tinggi juga perlahan mulai berkembang. Sudah biasa tentunya menemukan di restoran rata-rata hanya menjual es teh manis atau teh tawar panas biasa. Namun, kini tidak sedikit restoran yang sudah mulai menawarkan teh berkualitas tinggi.

Bukan tanpa alasan menjual teh asli yang bahkan harganya tidak murah. Semakin baik kualitas tehnya, maka dapat menarik atensi pembeli.


Mulai munculnya beberapa produk teh premium lokal juga bisa menjadi nilai lebih bagi para pengusaha untuk memanfaatkan produk lokal. Varian teh yang semakin beraneka ragam dan tidak biasa juga dapat lebih menarik pembeli.

Baca Juga: Ini Strategi Raih Manisnya Cuan dari Bisnis Teh Lokal

Jika biasanya kita hanya mengenal teh beberapa jenis saja, misal teh melati, ternyata banyak varian teh yang memiliki khasiat lebih untuk kesehatan. Bagi kamu yang tertarik untuk membuka peluang usaha minuman teh berkualitas tinggi, bisa menyimak berikut beberapa varian teh berkhasiat tinggi yang dilansir oleh IDN Times.
 

Teh Hijau

Kamu senang minum matcha? Inilah bahan dasarnya, yaitu teh hijau dan dicampur dengan susu atau krim. Teh hijau sendiri jika diseduh ternyata tidak kalah nikmatnya.

Bahkan, teh ini memiliki khasiat meningkatkan fungsi otak dan pencegahan kanker.
 

Teh Hitam

Teksturnya yang kering membuat teh ini memang lebih tahan lama jika disimpan. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menjaga kesehatan jantung.

Teh ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, para ahli menyarankan meminim tiga cangkir teh hitam per hari.
 

Teh Oolong

Rasa teh ini dapat dikatakan cukup unik karena rasa tawarnya yang dominan tapi tetap enak. Teh ini juga dapat menurunkan berat badan dengan baik.

Wah, apa bisa? Tentu saja. Karena di dalam teh ini memiliki kandungan kafein dan polifenol, sehingga jika kita mengosumsinya dengan rutin akan meningkatkan efek adrenalin dan melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat membakar lemak lebih cepat.
 

Teh Putih

Seperti namanya, teh ini cenderung berwarna agak putih kecoklatan. Teh ini kaya akan antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Berbagai kerusakan kulit dapat dihindari, seperti keriput, kemerahan, hingga peradangan.
 

Teh Kamomil

Sering mengalami stres akibat kurang tidur? Teh ini bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan meminum teh kamomil, tubuh akan cepat terangsang untuk tidur.

Suasana hati juga dapat membaik setelah meminum teh ini, sehingga pikiran stres pun dapat ditekan.

Masih banyak jenis teh yang memiliki beragam khasiat untuk tubuh menjadi lebih sehat. Dengan memilih teh yang berkualitas tinggi, kamu bisa lho meraih kesehatan dan peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Teh Premium dengan Omzet Mencapai Rp100 Juta per Bulan