Proses IPO Ant Group Milik Jack Ma Ditunda, Kenapa Ya?

Ant - Canva

Ant - Canva

Like

Nama Jack Ma sudah enggak asing lagi nih dalam dunia usaha. Bahkan, pria asal Tiongkok tersebut sudah mampu bersanding dengan jajaran miliarder dunia lain, seperti Jezz Bezos dan Bill Gates.

Terkenal sejak mendirikan Alibaba Group, e-commerce terbesar di China, kini Jack Ma sedang mempersiapkan diri untuk membuat perusahaannya, yakni Ant Group Co. untuk melantai di bursa.

Namun, diketahui dari laman Bisnis, ternyata proses aksi Initial Public Offering (IPO) Ant Group Co. milik Jack Ma tersebut harus dihentikan oleh regulator China, baik di Shanghai maupun Hong Kong.

Baca Juga: Biografi Jack Ma Si Pendiri Alibaba yang Gak Pintar Matematika dan IT!

Alhasil, penundaan tersebut sekaligus menggagalkan penawaran umum saham perdana terbesar di dunia senilai US$35 miliar!


Kok bisa gitu ya?

Berdasarkan data Bloomberg, Bursa Shanghai akan menghentikan IPO setelah Jack Ma dipanggil dengan alasan terkait pengawasan oleh pihak berwenang.

Selain itu, terdapat perubahan yang signifikan terkait kebijakan dan Ant tidak memenuhi ketentuan baru tersebut untuk bisa melakukan IPO atau mengumumkan informasi ke publik.

Regulator China juga memperingatkan bahwa perusahaan Jack Ma akan diawasi lebih ketat dan bakal dikenakan batasan modal dan leverage yang sama dengan perbankan. Adapun, Jack Ma selaku Co-Founder Ant Group, pun dipanggil menghadap Bank Sentral dan tiga regulator keuangan lainnya pada Senin lalu (2/11).

Dengan adanya keputusan tersebut, saham Alibaba Group Holding Ltd, yang notabene menggenggam sepertiga saham Ant Group, terpaksa harus terjun hingga 8 persen di premarket AS.

Menurut Analis dari Sanford C Bernstein di Hong Kong bernama Yu Tianjiao, hal tersebut bisa jadi cukup buruk. Ia menilai, ke depan para investor akan menghitung kembali harga saham Ant.

Bahkan, orang-orang yang memberikan penilaian tinggi ke Ant sebagai perusahaan teknologi diprediksi bakal lebih memikirkannya lagi sebagai institusi keuangan dan mempertanyakan potensi pertumbuhannya.

Padahal, saat Ant Group memutuskan bakal melantai di bursa, hal itu smepat dipandang sebagai salah satu kemenangan besar di China daratan lho!

Adapun, rencana aksi IPO ini sudah menarik setidaknya US$3 triliun permintaan dari investor individu untuk dual listing di Hong Kong dan Shanghai. Terlebih, dalam konsultasi harga awal IPO Shanghai, permintaan dari investor institusional lebih dari 76 miliar saham, atau melampaui 284 kali tahap penawaran awal!