Apa Perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads?

Perbedaan Facebook dan Instagram (Source: Pixabay.com)

Perbedaan Facebook dan Instagram (Source: Pixabay.com)

Like

Perbedaan facebook ads dan instagram ads sebetulnya hanya pada fitur dan penawarannya saja. Fungsi dan jangkauannya sebetulnya sama saja, tergantung seberapa besar skillmu untuk membuatnya tertarget dengan baik. 

Di dalam dunia advertising, para pelaku usaha menggunakan Facebook dan Instagram Ads untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal yang paling sering dipertanyakan para advertiser ialah, apa sih perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads?

Sebenarnya, iklan sosial media sendiri sudah memberikan kesempatan dan peluang untuk meningkatkan kinerja suatu bisnis. Namun, untuk lebih memahami perbedaan media sosial Iklan Facebook dan Iklan Instagram, mari simak ulasan berikut ini.

Beberapa Indikator yang Perlu Diketahui Ketika Membandingkan Facebook Dan Instagram


1. Reach

Media sosial Instagram memiliki sebuah keahlian dalam mendapatkan reach organic yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Facebook. Hal ini dikarenakan, Instagram menyediakan beragam fitur, seperti Suggestion For You dan Tagar yang dapat memperluas jangkauan postingan.

Sementara Facebook yang merupakan media sosial awal, sudah lebih dulu memberikan reach tinggi beserta keberhasilan dalam memperoleh brand awarness secara mudah. Melalui fitur Facebook Manager, kamu dapat menentukan target audiens dengan mudah.


2. Engagement

Engagement bisa diartikan sebagai proses interaksi yang dilakukan oleh para pengguna yang merupakan pelaku bisnis. Beberapa brand besar bahkan menganggap jika Instagram adalah platform yang tepat dan terbaik dalam meraih engagement tertinggi. Inilah yang menjadi perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads. 


Strategi Giveaway di Instagram sering sekali dijadikan strategi untuk menarik perhatian target pasar oleh para pengusaha. Nah, metode ini bisa juga kamu gunakan untuk meningkatkan engagement. Namun, perhatikan dulu ya tujuanmu dan profilmu. 

Proses interaksi yang tinggi di Instagram dibuktikan dengan data, bahwa ada sekitar 80% pengguna Instagram yang telah mengikuti 1 akun sebuah brand besar. Bahkan, biasanya para pengguna Instagram juga mengirim surel, Direct Message, hingga menelepon untuk menanyakan produk tertentu.

Sayangnya, media sosial Facebook sudah mengalami banyak sekali pembaharuan. Sehingga, media sosial tersebut tak dapat lagi diandalkan untuk mendapatkan engagement organic. Bisa ditarik kesimpulan, bahwa Facebok Ads memiliki peluang yang sedikit dalam membangun interaksi massa.

Baca juga: Ini Ide Bisnis 2020 Hingga 2021 yang Sederhana, Yuk Simak!


3. Demografi

Menurut tekno.kompas, Jika dilihat secara demografi, Instagram didominasi oleh pengguna wanita dengan jumlah persentase 50.8% lebih banyak sedikit dibanding pria 49.2?ri total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 22.6%.

Berbeda dengan Instagram, Facebook memiliki pengguna dengan rentang umur yang  hampir tidak ada. Hal ini disebabkan, semua golongan usia telah menggunakan media sosial Facebook sejak lama. 


4. Jumlah Pengunduhan

Perbedaan Iklan Facebook & Iklan Instagram dapat dilihat dari jumlah pengguna. Instagram memiliki jumlah pengguna paling banyak keempat di dunia. Di Bulan November 2018 saja, jumlah pengguna media sosial tersebut mencapai angka sekitar 60 juta lebih.

Belum lagi saat ini instagram sudah memiliki platform shopping. Meskipun belum digunakan secara massive, namun sosial media ini bisa ampuh sekali menjadi landing page menarik untuk bisnismu tanpa perlu lelah menggunakan website. Jadi, teruntuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis, bisa memanfaatkan layanan Instagram Ads yang memiliki pengguna sekitar 60 juta orang.

Sementara menurut  di tahun 2019 Facebook unggul dengan jumlah pengguna yang mencapai 2.17 miliar. Karena itulah, Facebook menjadi wadah yang sangat strategis untuk mempromosikan bisnis yang kamu kembangkan. Facebook Ads merupakan senjata utama yang bisa meraup segudang keuntungan.

Facebook Ads lebih memudahkan para pengiklan untuk merancang promosinya sendiri agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Semisal, pelaku bisnis tersebut bisa mengatur target pasar berdasarkan dengan gender, status pernikahan. Inilah yang menjadi perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads secara gamblang.

Demikian penjelasan terperinci mengenai perbedaan iklan Facebook dengan Instagram yang wajib diketahui oleh pelaku bisnis. Guna mengetahui perbedaan secara signifikan, kamu perlu mengetahui beberapa hal, seperti reach, engagement, demografi, dan jumlah pengunduh kedua Sosmed tersebut.

Baca juga: Berikut Ide Bisnis dari Kue Tradisional Indonesia