Biografi Jack Ma Si Pendiri Alibaba yang Gak Pintar Matematika dan IT!

Biografi Jack Ma Alibaba, (Foto: commons.wikimedia.org)

Biografi Jack Ma Alibaba, (Foto: commons.wikimedia.org)

Siapa sangka guru bahasa inggris seperti Jack Ma bisa mendirikan Alibaba Group? Dilansir melalui Forbes.com menyatakan bahwa Jackma mengakui ia tidak lihai dalam matematika maupun teknologi. 

Kenyataannya tidak pandai matematika dan ilmu komputer, tetap membuat Jack Ma  berhasil membangun Alibaba. Perusahaan perdagangan retail terbesar di dunia yang  membuat Jack Ma masuk ke dalam 20 daftar miliarder dunia. Apa rahasia yang Jack Ma miliki? Simak ini dia biografi Jack Ma.
 

Jack Ma Punya Banyak Kegagalan

Banyak sekali biografi Jack Ma di luar sana yang menyatakan ia berkali-kali gagal dalam banyak hal. Kegagalan adalah investasi berharga bagi Jack Ma. Dari sanalah Jack Ma belajar mengenai kegigihan dan kesabaran.

30 kali gagal dalam mencari pekerjaan, 10 kali ditolak oleh Harvard, 2 kali gagal tes universitas karena matematika, tersingkirkan dan dianggap sepele tidak pernah menghalangi Jack Ma muda untuk bermimpi.

 

Jack Ma Selalu Ingin Tahu

Jack Ma lahir dari keluarga yang miskin. Semasa kecilnya ia menjadi tour guide gratisan yang mengantar turis, hanya untuk belajar bahasa inggris. 

Kenapa bisa mendirikan Alibaba? Ini berawal saat Jack Ma diminta untuk menagih hutang pada seseorang di AS oleh salah satu perusahaan Cina. Ia berkesempatan mengunjungi Amerika Serikat dan menyempatkan menemui kerabatnya di Seattle. 

Saat masuk ke dalam rumah kerabatnya, ia melihat komputer yang terhubung dengan internet. Internet waktu itu belum tersebar luas penggunaannya hingga ke Cina. Namun, Jack Ma mencobanya dan mencari hal-hal terkait Cina. 

Untunglah, Jack Ma tidak menemukan apa-apa tentang Cina. Karena inilah yang membuat Jack Ma mulai mempelajari bisnis. 4 tahun kemudian ia membangun Alibaba, tanpa pengetahuan kuat mengenai internet, lho! 

Bermodal kepribadian yang baik, ramah, dan humoris ia berhasil membangun timnya dan meyakinkan satu per satu masyarakat Cina tentang internet. Hingga akhirnya menarik banyak perhatian perusahaan besar di Cina. 
 

Tidur, Bangun, Hadapi! 

Kata Jack Ma tidak masalah mau gagal berkali-kali. Hal terpenting adalah kamu menerimanya dan belajar untuk memahami letak kesalahannya. Tentu saja, kegagalan tidak membuat kamu bahagia, namun Jack Ma katakan terima saja, tidur, bangun kembali, dan coba lagi. 

“Overtime working is a huge bless” beginilah kata Jack Ma yang dilansir melalui CNBC. Pahamilah apa yang menjadi kelebihanmu dan maksimalkanlah potensi itu.
 

Sosok Leader yang Inovatif

Jack Ma selalu menghargai opini berbeda, ia tidak pernah melihat seseorang berdasarkan latar belakang pendidikannya. Menurutnya, semua punya kesempatan, asalkan menjadi orang yang konstruktif dan inovatif. 

Dilansir melalui Bisnis.com, Stephen Elop (Nokia) menyatakan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apapun, namun tiba-tiba saja Nokia kalah dan punah. Inilah alasan kreativitas itu penting.
 

Sosok Performer! 

Tidak banyak yang tahu Jack Ma adalah sosok yang humoris namun pekerja keras. Ia selalu mengatakan bahwa cinta adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Jack-Ma senang bernyanyi di panggung dan mengikuti seni bela diri atau Tai-chi.
 

Pensiun Sejak 2019 Dari Alibaba

Sejak september 2019 lalu tongkat estafet Alibaba diserahkan kepada Daniel Zhang. Jack Ma tidak pernah mundur dari Alibaba, menurutnya Alibaba bukan tentang Jack Ma saja, namun Jack Ma akan selalu menjadi bagian dari Alibaba. 

Sejak saat itu, ia kembali lagi melanjutkan misinya menjadi seorang guru. Jack Ma bahkan mengikuti jejak Bill Gates dengan mendirikan Jack Ma Foundation. Ia selalu merasa bahagia saat mengajar. 

Kata Jack Ma, “Before 20 be a good student, 20-30 follow a good boss (small company), 30-40 work on yourself, 40-50 focus on things you’re good at, 50-60 work for invest in young people, 60> spend time for yourself.”


Ini dia kisah dan biografi Jack Ma! Gimana? Intinya bisnis tidak dibangun dalam waktu yang sebentar ya. Nah, buat kamu yang lagi mencari inspirasi bisnis selama pandemi ini, bisa coba cek inspirasi bisnis barang bekas ini yuk!