Apa Aja Tantangan yang Bakal Dihadapi Bisnis Kecil? Berikut Cara Mengatasinya

Challenge - Canva

Challenge - Canva

Like

Hidup itu enggak selalu berjalan mulus lho, Be-emers. Kita pasti akan selalu berhadapan dengan berbagai risiko.

Namun, hal itu bukan jadi alasan untuk diam dan kabur dari kenyataan ya! Justru, berbagai risiko itu seharusnya jadi tantangan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan diri.

Begitu juga ketika kamu menjalani bisnis. Pastinya, berbagai tantangan dalam melakukan usaha akan sering ditemui.

Misalnya saja saat terjadi pandemi Covid-19, yang mana telah mengubah pola hidup masyarakat seperti melakukan social distancing hingga bekerja/belajar dari rumah. Hal itu jelas jadi tantangan baru buat para pelaku usaha, terutama yang masih fokus di bisnis skala kecil.

Nah, biar kamu siap, dikutip dari Bisnis, berikut sejumlah tantangan yang kemungkinan bakal kamu hadapi beserta tips cara mengatasinya.
 

Kekurangan Arus Kas

Mungkin sebagian besar pemilik bisnis kecil tahu kalau menabung untuk keadaan darurat adalah hal yang bijaksana dan dibutuhkan. Namun, bisa jadi mereka enggak mengantisipasi situasi pandemi ini akan berlangsung selama berbulan-bulan.


Kalau bisnis kamu mengalami masalah arus kas, cobalah pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman yang tersedia dari penyedia kartu kredit.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan dana bantuan UMKM  dari pemerintah lho. Bantuan tersebut berupa dana bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro (BPUM) senilai Rp2,4 juta dan bukan merupakan pinjaman atau kredit.

Baca Juga: Dear Pelaku UMKM, Ini Syarat dan Cara daftar Dana Bantuan Rp2,4 dari Pemerintah
 

Stres Meningkat

Di tengah kondisi pandemi ini, sudah pasti stres dan kekhawatiran kamu sebagai pelaku usaha akan meningkat. Namun, menyayangi diri sendiri adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana. Misalnya, mengikuti jadwal tidur yang teratur, makan dengan sehat, berolahraga, dan menjaga hubungan yang positif dapat membantu kamu menjauhkan stres dan kekhawatiran. 

Kalau langkah tersebut masih belum berhasil, kamu bisa bicarakan dengan tenaga medis seperti psikiater. Ingat, kalau kamu terlalu larut dalam stres, maka kamu pun juga semakin sulit untuk berinovasi dan mengen=mbangkan bisnis yang kamu jalani.