Joe Biden Jadi Presiden Baru Amerika, Cek 6 Fakta Menarik Soal Pilpres AS Yuk!

Joe Biden dan Donald Trump - Image: Instagram @joebiden @realdonaldtrump

Joe Biden dan Donald Trump - Image: Instagram @joebiden @realdonaldtrump

Like

“Negeri Paman Sam” akhirnya punya presiden baru! Joe Biden terpilih sebagai pemenang dalam Pemilu Amerika Serikat.

Dengan begitu, Biden bakal menuju Gedung Putih dan menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46. Bersama wakil presiden terpilih, Kamala Harris, pria berusia 78 tahun itu akan resmi memimpin AS pada 20 Januari 2021 mendatang.

Oh iya, buat kamu yang belum tahu, Kamala Harris merupakan wakil presiden perempuan pertama lho di Amerika Serikat! Sedangkan Joe Biden sendiri merupakan wakil presiden Barack Obama.

Nah, ternyata, enggak cuma itu fakta menarik seputar pemilihan presiden (Pilpres) AS. Dikutip dari laman Bisnis, ini fakta menarik terkait pemilu AS dalam angka.

Baca Juga: Joe Biden Unggul di Perolehan Sementara, Gimana Respon Investor?
 

65 Juta Surat via Pos

Ada yang berbeda dari Pilpres AS kali ini. Pandemi Covid-19 bikin prosen pemilihan presiden di Amerika Serikat tidak dilakukan seperti biasanya.


Biar di tempat pemungutan suara enggak membludak, maka warga negara AS dianjurkan untuk mengirim pilihannya dengan menggunakan pos. Nah, akhirnya, sebanyak 65 juta pemilih menggunakan sistem tersebut untuk menyampaikan hak pilihnya.

Uniknya lagi nih, hasil sementara pemilihan suara berlangsung sengit. Nah, saat surat-surat suara dari pos tersebut masuk, hal itu justru membuat Joe Biden unggul dalam hasil Pilpres AS, mengalahkan Donald Trump.
 

4 Juta Suara Populer

Selama 4 hari, warga Amerika memantau siapa yang akan mengumpulkan suara elektoral terbanyak, Joe Biden atau Donald Trump.

Nah dalam pilpres AS, ada dua suara yang dihitung, yakni suara populer dan suara melalui electoral college.

Kalau dilihat dari suara populer, Joe Biden lebih mudah keluar sebagai pemenang. Soalnya, ia telah mendapatkan 4 juta suara lebih banyak dibandingkan Donald Trump lho!

Adapun, total suara yang berhasil Joe Biden kumpulkan adalah 74,8 juta. Hal itu sekaligus memecahkan rekor Barack Obama, yang mana mendapatkan 69,4 juta pada Pilpres AS sebelumnya.
 

Georgina 1992 dan Arizona 1996

Amerika Serikat punya 50 negara bagian. Nah, tiap negara bagian tentu punya hasil suara yang beda-beda.

Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun Partai Demokrat menang di Georgia. Di sana, Joe Biden memimpin Donald Trump dengan keunggulan tipis, 49,5 persen melawan 49,3 persen.

Terakhir kali figur Demokrat berjaya di sana, itu di zaman Bill Clinton pada Pemilu AS 1992.

Enggak cuma itu, Joe Biden juga membawa Demokrat ke kemenangan pertamanya di Arizona. Di sana, Joe Biden unggul dari Donald Trump dengan perolehan suara 49,6 persen melawan 48,9 persen.