Ini yang Sebaiknya Dilakukan Saat Harga Emas Turun, Jual atau Beli?

Gold Trend  Illustration - Canva

Gold Trend Illustration - Canva

Like

Emas, sebagai aset safe haven kerap kali jadi alternatif investasi yang menarik. Selain dinilai lebih aman, harga emas juga cenderung naik terus.

Namun, ada kalanya harga emas juga bisa turun lho! Turunnya harga emas bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kalau menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), naik-turunnya harga emas bisa disebabkan oleh ketidakpastian ekonomi dan politik, inflasi, dan nilai tukar dollar AS.

Tinggi atau enggaknya penawaran dan permintaan emas di pasaran juga bisa mempengaruhi harga emas. Engga cuma itu, kebijakan moneter berupa suku bunga dari bank sentral AS (The Fed) juga bisa mempengaruhi harga emas global.

Nah, apa yang mesti kita lakukan saat harga emas turun?
 

Cek Lagi Info terkait Harga Emas

Dengan melihat harga emas yang lagi redup, banyak yang seringkali bingung, harus menjual atau membeli emas. Di situasi seperti itu, sebaiknya jangan gegabah untuk langsung menjual atau membeli emas.

Sebaiknya kamu cari tahu informasi tentang update harga emas di beberapa platform. Untuk emas batangan, kamu bisa bandingin harga emas batangan yang dijual di Butik Emas Antam atau di Pegadaian.


Soalnya, di beberapa tempat, harganya juga bisa beda lho. Selain cek harga beli emas, jangan lupa juga buat cek harga buyback-nya (jual kembali) ya! Hal ini penting banget buat pertimbangan kamu dalam membeli atau menjual kembali emas.
 

Beli Emas

Saat harga emas sedang turun, mungkin ini saat yang tepat buat kamu membeli emas. Soalnya, kamu jadi punya kesempatan buat beli emas dengan harga yang lebih rendah dari perdagangan di hari sebelumnya kan?

Namun, melihat harga emas yang cenderung fluktuatif, emas sebenarnya bisa aja dibeli tanpa menunggu momen harganya turun. “Teorinya, waktu yang tepat beli emas adalah saat kita punya uang,” ungkap Senior Sales Manager Pegadaian area Senen Zaenal Muttaqin, dikutip dari Bisnis.com.

Makanya, dilansir dari laman Sahabat Pegadaian, kamu juga mesti pastikan harga emas yang mau kamu beli atau jual kembali itu sesuai dengan kondisi finansial kamu ya. Tujuannya, supaya kamu enggak merasa rugi ketika berinvestasi emas.