Apa Itu Riset Pasar? Bagaimana Melakukannya?

Riset pasar adalah (Sumber: Pixabay.com)

Riset pasar adalah (Sumber: Pixabay.com)

Riset pasar merupakan langkah pertama atau rancangan awal yang harus diketahui untuk membangun sebuah bisnis, karena itu dalam bisnis perlu adanya riset pasar. Riset pasar juga merupakan sebuah cara yang juga memiliki pengaruh untuk memperluas jaringan berbisnis yang hendak dimulai. Baiknya sebuah bisnis tidak melulu soal besarnya modal atau lancarnya promosi

Akan tetapi dalam berbisnis juga perlu untuk memperhatikan produk yang akan dijual, termasuk yang dibutuhkan oleh pasaran. Hal ini menjadi penting karena akan berdampak pada jangka panjang dan pendek dalam melakukan bisnis. Berikut simak caranya.


Pengertian Riset Pasar 

Untuk berbisnis tentu harus memperhatikan banyaknya modal yang dibutuhkan, melakukan banyak potongan harga untuk menarik pelanggan hingga melakukan riset. Sebelum berbisnis, harus betul-betul memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan.

Perlu adanya pemantauan produk-produk yang sedang digandrungi di pasaran. Dengan demikian penjualan pun bisa lebih cepat meningkat. Jika penjualan meningkat maka akan omzet yang didapatkan semakin tinggi.

Menjual hal yang sedang ramai diperbincangkan juga termasuk dari cara marketing untuk melambungkan penjualan. Karena orang-orang pasti cenderung penasaran terhadap produk yang ramai dibicarakan.

Riset pasar adalah sebuah kegiatan yang digunakan untuk menganalisis hingga mengumpulkan data yang ada hubungannya dengan target di pasaran. Fungsinya untuk menjadikan orang sekitar sebagai target penjualan produk sebuah bisnis.

Baca juga: Mau Ikutan Bisnis Tanaman? Lakukan Cara Berikut Yuk!


Macam-macam Riset

Ada beberapa jenis riset pasar yang perlu diketahui sebelum terjun ke lapangan untuk melakukannya. Yang pertama adalah Riset Primer atau yang biasa disebut dengan In-House. Riset Primer ini berfokus terhadap informasi yang diberikan oleh konsumen atau pelanggan.

Tugas utama dari riset ini yaitu mengulik sebanyak-banyaknya informasi mengenai sebuah produk yang hendak kamu jual, apakah produk tersebut termasuk produk yang sedang ramai diperbincangkan atau mungkin yang sedang dibutuhkan.

Dalam riset ini juga sangat ditekankan untuk mendengarkan ide serta saran dari para konsumen. Tujuannya untuk semakin meningkatkan pengetahuan mengenai produk yang ramai di pasaran.
Riset selanjutnya yaitu kuantitatif. Riset kuantitatif adalah riset yang menghasilkan data dalam bentuk angka. Maka semua jenis produk, desain hingga ukuran ditinjau dengan menggunakan jumlah atau angka.

Jenis riset selanjutnya bernama kualitatif, karena berfokus terhadap informasi atau penjabaran dari seorang customer. Informasi tersebut dapat berupa opini, perasaan, alasan membeli, hingga pengalaman pribadi konsumen dengan sebuah produk.

Berbeda dari penjabaran sebelumnya, Riset Sekunder atau Derivatif merupakan riset yang menggunakan riset dari pihak lain. Seperti contohnya membaca sebuah artikel, blog, trend dan lainnya. Meski terlihat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, namun riset ini lebih efisien karena berasal dari lembaga pemerintah, pendidikan, media sosial hingga yang berasal dari kompetitor kamu sendiri.


Membuat Riset Pasar Untuk Bisnis

Riset pasar adalah sebuah investasi, jika kamu bisa melakukan riset pada awal hendak membangun sebuah bisnis, maka untuk selanjutnya bisnis kamu akan berjalan dengan baik sebab berhasil menjual apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Ada beberapa cara untuk memulai bisnis dengan riset pasar. Pertama harus fokus terhadap tujuan riset. Jika tidak, maka akan melebar kemana-kemana karena fokus terpecah dan target pasar menjadi tidak terstruktur.

Tidak lupa untuk tetap kreatif dalam melaksanakan riset, karena sedang berhubungan langsung dengan konsumen. Jika sudah mendapatkan banyak informasi, maka pilah informasi tersebut dan pilih informasi yang terbaik saja.

Hal di atas kerap terjadi saat melakukan wawancara, karena kebanyakan konsumen menyampaikan opini yang sifatnya subjektif. Kamu boleh menyimpannya sebagai data namun tidak untuk dijadikan pertimbangan untuk kemajuan bisnis kedepannya.

Melakukan riset pasar memang terbilang gampang-gampang susah, sebab hal ini menjadi penentu untuk memulai sebuah bisnis. Dengan mengetahui minat dan keinginan dari konsumen, maka penjualan bisnis akan cepat meningkat.

Baca juga:  Freelancer Zone: Income Hingga Perbedaan Content writer dan Copywriter