Di Tengah Ketidakpastian, Ini Cara Menjaga Semangat Dalam Berkarir

Work - Canva

Work - Canva

Like

Dalam menjalani karir, tentunya berbagai tantangan kerap datang menghampiri nih. Namun, apakah kamu harus menyerah begitu saja?

Semangat dalam diri tentunya sangat dibutuhkan banget sama kamu selama meniti karir. Makanya, kamu pun perlu terus menjaga semangat kamu biar karir kamu tetap lancar.

Dikutip dari laman Bisnis, berikut beberapa tips untuk bisa terus bersikap positif dari Psikolog Theresia Ceti Prameswari buat kamu yang sedang menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, maupun yang sedang mencari kerja.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk saat Kerja


Kenali dirimu

Agar kamu bisa bersikap positif, hal pertama dan paling penting yang harus dilakukan adalah mengenali dirimu dan mengetahui apa yang kamu mau.

Banyak orang belum tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang dapat membuat mereka bersemangat, dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan.

Untuk membantu kamu bisa bersikap lebih positif dalam hidup, renungkan dan putuskan pekerjaan seperti apa yang benar-benar kamu inginkan dan dapat membuatmu bersemangat. Jika diperlukan, jangan enggan meminta bantuan orang lain untuk bisa lebih mengenali dirimu.

Webinar atau online class juga bisa menjadi pilihan yang dapat membantumu menemukan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kenali dirimu, ketahui tujuanmu, dan rasakan hal positif dalam dirimu.


Cari kesenjangan
Setelah lebih mengenali diri, perhatikan kembali hidup kamu dan cari tahu apakah ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

Coba perhatikan apakah yang kamu lakukan sekarang sudah sesuai dengan harapan, atau paling enggak sudah mengarah ke sana. Sikap kurang positif bisa timbul karena adanya kesenjangan tersebut.

Tanyakan kembali dirimu, apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup? Apa yang benar-benar bisa membuat kamu bahagia? Temukan kesenjangan tersebut dan lakukan perubahan.


Ambil tindakan
Setelah mengetahui kesenjangan dan yakin akan sumber kebahagiaan, lakukan apa yang perlu untuk menggapai harapan kamu.

Penerapan ide dan usaha mencapai tujuan dapat memberikan semangat yang positif. Jangan sungkan meminta bantuan dan pendapat orang lain dalam mendapatkan ide dan masukan.

Selanjutnya, menurut Theresia, terdapat empat bagian yang perlu disiapkan dalam diri kita saat bekerja atau mencari kerja:
  • Body (tubuh): Siapkan fisik kamu untuk melakukan aktivitas bekerja.
  • Mind (pikiran): Siapkan pikiran untuk bekerja sesuai kapabilitas dan kompetensi.
  • Heart (hati): Siapkan hati untuk bekerja di tempat di mana kamu dihargai.
  • Soul (jiwa): Siapkan jiwa kamu dalam mencari makna dari pekerjaan yang kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bantu WFH Kamu Enggak Gampang Kena Distraksi