Mau Ikutan Bisnis Tanaman? Lakukan Cara Berikut Yuk!

Plant - Canva

Plant - Canva

Like

Hobi baru apa yang kamu lakukan selama masa pandemi?

Beberapa waktu belakangan ini, selama pandemi Covid-19 berlangsung, berbagai hobi atau kegiatan baru mulai ditekuni banyak orang. Salah satunya yakni hobi bercocok tanaman hias.

Memang sih, hobi merawat tanaman ini bukan hal yang baru. Namun, hobi tersebut jadi mendadak viral karena banyak peminatnya.

Soalnya, tanaman hias enggak cuma jadi penghias halaman rumah, melainkan sudah jadi bagian dari desain interior di dalam rumah lho, Be-emers!

Nah, hal itu tentunya jadi  peluang yang cukup menjanjikan bagi yang ingin menjalankan bisnis tanaman hias. Apalagi, untuk memulainya tidak dibutuhkan modal yang terlalu besar dan bisnis ini juga bisa dijalankan oleh pelajar, ibu rumah tangga, maupun pekerja kantoran.


Meski begitu, dilansir dari Bisnis, ada sejumlah hal nih yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis tanaman hias.

Baca Juga: Hal Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Buat Si Penyuka Tanaman
 

Harus Cinta sama Tanaman

Kalau kamu nonton channel Youtube-nya Dina di Efrodina Official, satu hal yang perlu kamu punya sebelum memulai bisnis tanaman ini adalah kecintaan terhadap tanaman hias itu sendiri.

Dengan mencintai tanaman, kamu enggak hanya memikirkan cuannya doang nih. Di sisi lain, kamu juga bisa memahami bagaimana cara merawat tanaman tersebut dengan baik.

Menurutnya, berbisnis tanaman hias harus dilandasi hobi. Kalau enggak mengerti mengenai tanaman hias, sudah membeli, dan menyetok, tanaman tersebut malah mati. Alhasil, kamu pun malah jadi boncos deh.
 

Punya Pengetahuan Soal Tanaman

Menurut Madeleine Nathasia pemilik Kuma Living, setiap tanaman hias memiliki perawatannya masing-masing sehingga pemilik usaha tanaman hias perlu memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut.

Kenapa? Soalnya, hal itu bisa jadi nilai tambah karena mampu memberikan informasi mengenai tanaman hias tersebut kepada para pembeli. Apalagi, saat ini masyarakat juga dinilai cenderung lebih senang dengan berbagai jenis tanaman yang mudah dirawat supaya bisa bertahan lebih lama.
 

Enggak Perlu Langsung Beli Tanaman Mahal

Jangan mentang-mentang lagi tren, kamu jangan terlalu fokus sama sejumlah tanaman hias yang harganya mahal ya!

Dina menyarankan, bagi yang ingin memulai bisnis tanaman tidak perlu langsung membeli tanaman yang wah atau yang lagi ngetren seperti monstera karena modalnya yang cukup besar. Mulai dulu dari yang kecil sambil perlahan berkembang.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Lagi Tren Ini Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Lho!