Tips Agar Usaha Menonjol dan Tak Kalah Saing

Ilustrasi gambar strategi bisnis (Sumber gambar : Storyblocks)

Ilustrasi gambar strategi bisnis (Sumber gambar : Storyblocks)

Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak orang mulai membuka usaha akibat terkena PHK oleh perusahaannya. Bermacam-macam usaha sekarang banyak menjamur ditengah masyarakat.

Mulai dari usaha bermodal kecil, hingga bermodal besar. Dari usaha yang umum, sampai yang unik-unik nih Be-emers.

Membuka usaha tanpa strategi adalah hal yang salah, Be-emers. Menjadi seorang pengusaha haruslah memiliki strategi, agar usaha yang dijalani dapat berjalan hingga jangka panjang.

Nah berikut ada tips agar usaha kalian menonjol dan tak kalah saing dengan para pengusaha lainnya dari Small Business Trends nih, Be-emers:

Bagikan Pengetahuan Tentang Usaha yang Kalian Jalani
Salah satu cara terbaik untuk berbagi pengetahuan adalah melalui ulasan yang tidak bias dan informatif dari semua pesaing usaha. Banyak publik dengan senang hati menerima artikel dan opini yang ditulis dengan baik.

Buat Cerita yang Mencuri Perhatian Publik
Umumnya para pengusaha dihadapi dengan tantangan ketika merintis bisnis dan berhasil menunjukkan keuletan, ketekunan, serta keyakinan.

Luangkan waktu untuk menyusun latar belakang usaha kalian yang dapat menarik perhatian publik sehingga akan menimbulkan keterikatan emosional dengan pelanggan.

Bangun Layanan Pelanggan yang Luar Biasa
Jika kalian belum bisa mengalahkan persaingan dalam hal harga atau kecepatan dalam sebuah usaha, kalian dapat menawarkan experience kepada pelanggan yang dapat bekesan baginya.

Dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan disbanding dengan pengusaha lainnya.

Perbaiki Masalah yang Mengganggu Semua Orang dalam Usaha Kalian
Jika dalam suatu usaha terdapat masalah yang dapat mengganggu kegiatan usaha, segeralah perbaiki. Pikirkan lagi usaha kalian. Apakah ada masalah yang diabaikan semua orang?

Pertimbangkan juga jika mengajak orang dari luar usaha untuk bantu kalian menemukan isu atau masalah yang ada pada usaha kalian.

Berdayakan Karyawan Kalian untuk Mengambil Tindakan
Latih karyawan kalian berpikir seperti pengusaha dan berani untuk ambil andil atas peran dan pilihan mereka. Beri mereka wewenang untuk menyelesaikan masalah, meskipun supervisor tidak ada.

Menawarkan tanggung jawab yang luas menunjukkan bahwa Anda mempercayai mereka, dan kepercayaan adalah aspek kunci dari keterlibatan karyawan, yang sangat sulit dicapai mengingat situasi saat ini.

Sumber:
https://entrepreneur.bisnis.com/read/20201113/88/1317370/5-cara-agar-bisnis-anda-menonjol-dan-tidak-kalah-saing