Persaingan Makin Ketat, Ini Caranya Bangun Brand Biar Cuan

Branding - Canva

Branding - Canva

Perlu kamu sadari nih, Be-emers. brand atau merek itu penting banget dalam sebuah bisnis, baik skala kecil hingga besar.

Dengan punya brand yang kuat, tentunya hal itu bisa menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, brand bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk kamu lho.

Namun, jangan salah, sebuah brand besar belum tentu bakal lebih unggul ketimbang brand-brand baru lho! Kok gitu?

Soalnya, saat ini brand baru terus bermunculan dan menawarkan pilihan inovasi yang menarik. Alhasil, persaingan pun enggak bisa dihindari.

Nah, ketika kamu ingin bangun suatu brand, kamu perlu banget nih fokus sama sudut pandang pelanggan. Kamu pun juga harus bisa menunjukkan kalau bisnis kamu itu mampu untuk jadi solusi atau kebutuhan pelanggan.

Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah hal ini yang bisa kamu lakukan untuk membangun sebuah brand biar cuan!

Baca Juga: Level Up Yourself: Personal Branding dan Cara Membangunnya dengan Media Sosial!
 

Fokus Pada Data dan Pahami SWOT

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah fokus sama data dan pahami SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, & Threats) bisnis kamu.

Mengenali bisnis kamu seutuhnya itu sangat penting lho. Makanya, coba deh kenali elemen-elemen bisnis kamu secara dekat. Nantinya, kamu bakal tahu gimana caranya mendekati pelanggan atau bahkan prospek bisnis kamu ke depannya.

Saat kamu sudah mampu menganalisa brand sendiri, maka kamu juga akan memahami data dan menghasilkan strategi menggunakan hasilnya untuk menjangkau pelanggan.
 

Jeli dan Punya Rasa Ingin Tahu

Selain itu, kamu juga perlu untuk lebih jeli dan punya rasa ingin tahu yang tinggi nih. Soalnya, kamu itu wajib tahu tentang pesaing bisnis kamu.

Coba cari tahu cara mereka bisa berhasil membangun bisnis, produk yang ditawarkan, hingga cara menjangkau pelanggan.
 

Selalu Berhati-Hati

Ada kalanya, kamu juga harus berhati-hati nih, Be-emers. Coba deh, cari tahu juga bagaimana bisa mendapatkan hati pelanggan.

Selain itu, namanya persaingan bisnis, pastinya akan selalu ada risiko yang siap menghadang, Untuk itu, kamu enggak boleh gegabah dalam melangkah ya!
 

Lebih Imajinatif

Salah satu kunci untuk membangun merek adalah memposisikan diri sebagai pembeli. Sehingga, nantinya kamu akan tahu, pelayanan atau produk apa yang sekiranya dibutuhkan pelanggan.

Nah, untuk melakukannya, kamu harus membayangkan kembali bagaimana pembeli mengevaluasi, menerima informasi, mengasimilasi produk, dan mencapai keputusan berdasarkan pesan yang disampaikan.
 

Integrasikan Pemasaran

Terakhir, jangan lupa untuk integrasikan pemasaran bisnis kamu ya. Perlu disadari, membangun merek yang efektif merupakan bagian dari inisiatif pemasaran terintegrasi yang menghubungkan kamu dengan pembeli di berbagai tingkatan. 

Baik secara konvensional maupun digital, kamu perlu tahu, tantangannya yakni menentukan kemana arah yang bakal jadi sasaran pelanggan kamu.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding untuk Haluan Bisnis ala Anna Avantie