Siap-siap, Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer dan BioNTech Bakal Digunakan Mulai Desember 2020!

Vaccine - Canva

Vaccine - Canva

Like

Sudah nyaris satu tahun pandemi Covid-19 ini menghantui kehidupan kita, Be-emers. Tahun 2020 pun bakal segera berakhir, lalu bagaimana dengan pandemi? Akankah berakhir juga?

Kamu pasti sudah kangen banget nih mau jalan-jalan dengan leluasa, bersosialisasi, dan menjalani hidup dengan normal lagi. Hmm.. sepertinya hal itu bakal terwujud.

Soalnya seperti yang kita tahu, saat ini, sejumlah perusahaan farmasi lagi mengembangkan vaksin untuk Covid-19 nih, Be-emers. Vaksin tersebut tentunya jadi hal yang dinanti-nanti untuk menyudahi pandemi ini.

Diketahui dari laman Bisnis, dua perusahaan farmasi, yakni Pfizer Inc dan BioNTech bahkan sudah bisa memperoleh otorisasi penggunaan darurat vaksin Covid-19 di AS dan Eropa bulan depan lho!

Hal itu pun bisa dilakukan setelah hasil uji coba terakhir menunjukkan vaksin itu memiliki tingkat keberhasilan 95 persen dan tidak ada efek samping yang serius.


Adapun, Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) bisa memberikan persetujuan penggunaan darurat menjelang akhir paruh pertama Desember atau awal paruh kedua. Sementara itu, di Uni Eropa, persetujuan bersyarat bisa didapatkan di paruh kedua Desember nih.

Baca Juga: Ini Alasan Ilmuwan Yakin Vaksin Pfizer Bisa Hentikan Covid-19
 

Tingkat Keberhasilan Tinggi

Kabar bahagianya, sejauh ini, tingkat keberhasilan vaksin yang dikembangkan perusahaan AS Pfizer dan BioNTech Jerman tersebut merupakan yang tertinggi dari semua kandidat dalam uji klinis tahap akhir.

Hal itu terbukti dari pernyataan Pfizer, yang mana  sebanyak 170 sukarelawan terlibat uji coba yang melibatkan lebih dari 43.000 orang yang tertular Covid-19, tetapi 162 di antaranya hanya diberi plasebo. Itu artinya, vaksin tersebut telah 95 persen efektif.

Selain itu, kemanjuran dari vaksin itu juga konsisten di segala usia dan etnis lho! Wah, apakah hal ini bakal jadi titik terang buat bebas dari pandemi?

Baca Juga: Ternyata Ada 4 Respon Masyarakat Menyambut Vaksin Covid-19 Lho! Kamu Termasuk yang Mana Nih?