OJK Punya Platform Digital Baru untuk UMKM Nih 

Digital Platform - Canva

Digital Platform - Canva

Like

Saat ini, pemerintah memang diketahui tengah fokus untuk melakukan digitalisasi di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Apalagi, UMKM dinilai bisa mendorong ekonomi nasional lho!

Digitalisasi UMKM memang diperlukan banget di era digital ini, Be-emers. Hal itu tentunya bakal membuat UMKM lebih mudah untuk memasarkan produknya secara lebih luas dan efisien.

Nah, diketahui dari laman Bisnis, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ternyata punya platform berupa digital marketplace khusus untuk UMKM nih. Platform tersebut yakni UMKM-MU.

Berdasarkan unggahan di Instagram resmi OJK (@ojkindonesia), wadah ini dibentuk sebagai kontribusi OJK untuk membantu menggerakkan UMKM di Indonesia.

Selain itu, platform ini juga bertujuan untuk membantu UMKM memasarkan produk unggulan secara online.


Baca Juga: Program Pemerintah UMKM Go Digital Membantu Pengusaha Merintis Usaha

Dikembangkan dalam bentuk website dan mobile apps, platform ini menyediakan sejumlah fitur unggulan nih.

Fitur tersebut bakal membantu UMKM dalam memperluas akses pasar secara digital hingga dapat menjadi usaha yang berdaya saing tinggi dan tumbuh menopang perekonomian Indonesia.

Selain itu, UMKM-MU ini juga sudah didukung sama channel pembayaran yang beragam, seperti transfer bank, kartu kredit dan debit, eMoney, Gopay, LinkAja, dan sebagainya. Bahkan, platform digital ini juga sudah terintegrasi dengan 23 perusahaan ekspedisi besar di Indonesia, termasuk fitur tracking pesanan.

Adapun, produk yang bisa dipasarkan merupakan produk unggulan daerah yang terjamin kualitas dan ketersediaan barangnya.

Pelapak di UMKM-MU juga merupakan pelaku UMKM yang sudah terregistrasi di bawah binaan KR/OJK. Ada lebih dari 1.000 jenis produk UMKM mulai dari kuliner, fesyen, kerajinan tangan, pertanian dan perkebunan.

Baca Juga: Startup Baru Ini Bisa Bantu Digitalisasi UMKM Nih