Kreasi Tas dari Kain Tenun Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Nih!

Salah satu produk tas kain tenun Tako Bags - Image: Instagram @tako.bag

Salah satu produk tas kain tenun Tako Bags - Image: Instagram @tako.bag

Like

Selain batik, Indonesia juga terkenal dengan kain tenun tradisional yang cantik dan unik lho! Bahkan, setiap daerah di nusantara punya ciri khas motif yang berbeda-beda nih.

Misalnya, daerah Sumatera Utara yang terkenal dengan kain Ulos, hingga Kalimantan Timur dengan kain Tenun Doyo yang jadi ciri khasnya. Selain itu, kain tenun juga banyak ditemui di Nusa Tenggara, seperti tenun ikat, Buna, Lotis (Sotis/Songket), dan tenun Sasak.

Kain tenun pun bisa dimodifikasi menjadi beragam item fashion lho, Be-emers. Mulai dari gaun, sarung bantal, selimut, ikat kepala. hingga tas! Alhasil, kain tenun pun menyimpan banyak peluang cuan nih.

Baca Juga: Lestarikan Budaya Nusantara, Jadi Reseller Produk Kreasi Tenun Aja!

Seperti yang diketahui dari laman Bisnis, salah satu local brand yakni Tako Bags, memanfaatkan peluang tersebut dengan memproduksi tas dari bahan kain tenun yang dimodifikasi.


Menurut Pemilik Tako Bags Dita Wahyu, produk yang dijual berbeda dengan tas etnik di pasaran, yang mana bagian tas menggunakan tenun lalu dikombinasi dengan sedikit kulit. Tako justru sebaliknya nih, Be-emers.

Pihaknya justru mengkombinasikan lebih sedikit kain tenun pada produk tasnya. Menurutnya, hal itu jadi konsep unik yang diusung usahanya.

Dalam memproduksi tas buatannya, local brand yang sudah eksis sejak 2018 di yogyakarta ini telah merangkul berbagai pengrajin tas senior demi mendapatkan kualitas produk yang baik.

Meski dibandrol dengan harga yang terjangkau, namun pihaknya tetap manjamin proses quality control dilakukan dengan ketat.

Hal itu dilakukan untuk membangun kepercayaan konsumen Indonesia terhadap kualitas produk buatan dalam negri. Alhasil, Tako telah mampu bertahan selama 10 tahun di tengah gencarnya terpaan produk impor.

Tonton juga kisah bisnis kain tenun yang keren lainnya di sini ya!