Work From Home (WFH) Bakal Jadi Tren Baru Usai Pandemi, Sudah Siap?

WFH - Canva

WFH - Canva

Like

Sudah lebih dari 8 bulan, kegiatan sekolah hingga bekerja dilakukan dari rumah. Hal itu dilakukan tentunya sebagai bagian dari pencegahan penularan virus Covid-19.

Buat kamu yang sudah bekerja, apakah kamu sudah mulai bosan kerja dari rumah? Atau, kamu justru merasa nyaman karena enggak harus keluar ongkos?

Data Word Economic Forum menunjukkan kalau 91,7 persen perusahaan di Indonesia telah menerapkan WFH. Meski begitu, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sebenarnya juga banyak dipenuhi pro dan kontra lho.

Saat WFH, survei Word Economic Forum juga menunjukkan, waktu kerja para karyawan justru cenderung bertambah. Di satu sisi, hal itu juga didukung dengan waktu pekerja yang jauh lebih fleksibel ketika di rumah ketimbang di kantor.

Sementara itu, hingga kini, pandemi Covid-19 memang belum usai. Walaupun, titik terang soal vaksin sudah semakin terlihat dan memberikan harapan untuk kehidupan yang normal seperti dulu.


Meski begitu, hal tersebut ternyata enggak bikin kegiatan WFH langsung berhenti begitu saja lho! Justru, WFH dinilai tetap bakal terjadi hingga tahun 2021.

Baca Juga: Alami Stres Saat WFH? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari laman Bisnis, Asosiasi menilai bahwa perusahaan akan terus menerapkan sistem kerja secara jarak jauh atau remote dalam beberapa waktu mendatang.

Soalnya, menurut Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani, transformasi digital selama pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat untuk lebih dekat dengan teknologi.

Bahkan, dia menjelaskan, untuk kasus perusahaan rintisan, justru hal itu sudah terbiasa dilakukan.

Enggak heran, pendiri Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (Aditif) Saga Iqranegara pun mengatakan kalau bakal banyak perusahaan baik rintisan dan konvensional yang memutuskan buat memperpanjang bekerja remote.

Adapun, Saga juga melihat kalau startup merupakan tipe perusahaan yang kemungkinan paling siap untuk menerapkan sistem kerja remote. Soalnyasecara natural, sebagian besar pekerjaan mereka bisa dilakukan jarak jauh.

Kalau kamu, lebih suka WFH atau kerja di kantor nih, Be-emers?

Baca Juga: Gangguan Jaringan Hari Ini Waktu WFH ? Lakukan Tips Ini!