3 Model Bisnis Ini Cocok untuk Kamu yang Minim Modal

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Menjalani sebuah bisnis memang kelihatannya menarik ya, Be-emers?

Di satu sisi, suatu usaha juga membutuhkan modal. Hal ini pun seringkali jadi penghambat keinginan seseorang untuk memulai suatu usaha.

Memang sih, banyak cara untuk mendapatkan modal usaha. Misalnya, dengan menabung, meminjam uang dari keluarga/teman, hingga mengajukan pinjaman di bank.

Namun, dikutip dari Bisnis, ternyata ada sejumlah model usaha juga nih yang enggak perlu modal besar.

Baca Juga: Jadi Ibu Rumah Tangga Muda, Intip Yuk Ide Usaha Minim Modal Berikut Ini



Desain Web, Desain Grafis dan, Search Engine Optimization (SEO)
Di zaman yang serba canggih ini, ketergantungan terhadap teknologi semakin tinggi. Alhasil, produk digital seperti website hingga konten media sosial pun makin dibutuhkan.

Makanya enggak heran deh, jasa desain website, desain grafis, hingga SEO punya basis pelanggan yang besar dan margin keuntungan yang bagus nih, Be-emers.

Apalagi, model bisnis ini juga akan melatih keterampilan kamu di setiap proyeknya. Tenang, buat kamu yang belum begitu mahir, kamu juga bisa kok mengikuti berbagai pelatihan untuk mendalami skill desain dan SEO.


Manajemen Media Sosial
Selain visual, kebutuhan konten yang menarik di media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan cuan lho!

Meski kini media sosial sudah digunakan oleh banyak orang, tapi memiliki media sosial yang “menjual” tentunya perlu trik tersendiri. Mulai dari menyiapkan konten, waktu yang tepat untuk mengunggah konten, hingga melihat insight atau analytics di media sosial tentu bukan hal yang mudah.

Untuk itu, jasa manajemen media sosial kerap dibutuhkan nih. Kalau kamu bisa belajar membuat konten berkualitas, mengembangkan akun sosial, dan mengarahkan traffic pada akun tersebut, besar kemungkinan kamu bisa punya bisnis enam digit lho!


Jasa Perpajakan/Akuntansi
Belum tentu setiap orang itu benar-benar ahli dalam mengelola keuangannya. Alhasil, jasa akuntan hingga perpajakan pun masih banyak dicari nih, Be-emers.

Hal tersebut lantas membuat model bisnis ini juga punya margin keuntungan yang lebih tinggi dari rata-rata dan juga basis pelanggan yang sangat besar.

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan yang Paling Menjanjikan dengan Modal Kecil!