Pengaruh Kpop Terhadap Remaja di Indonesia

Konser K-Pop (Sumber: inikpop.com)

Konser K-Pop (Sumber: inikpop.com)

Like

Siapa sih yang enggak kenal K-Pop? K-Pop atau Korean Pop adalah genre musik yang berasal dari Korea Selatan. Beberapa tahun belakangan ini, K-Pop mulai dikenal oleh semua orang.

Bukan hanya remaja, bahkan anak kecil di zaman sekarang sudah mulai mengenal K-Pop. Di zaman sekarang ini siapa sih yang enggak kenal boy/girlgroup Korea Selatan seperti BTS, EXO, Blackpink, Red Velvet, Seventeen, dan masih banyak lagi.

Setiap orang memang berhak mengidolakan siapapun, namun banyak dari remaja yang sekarang lebih mengidolakan selebriti Korea dibanding selebriti dari negara mereka sendiri.
 
Pengaruh K-pop pada remaja membawa dampak positif dan dampak negatif. Yuk simak dampak positifnya!


Dampak Positif K-Pop pada Remaja

 

1. Menginspirasi dunia permusikan Indonesia


Banyak musisi-musisi di Indonesia yang terinspirasi artis Korea. Misalnya dari cara berpakaian, cara pembuatan musik video lagu mereka dan juga tarian atau dance dari sebuah lagu. Tak sedikit juga artis Indonesia yang mengcover lagu Korea.
 

2. Memotivasi diri
 

Para K-Popers (sebutan untuk fans yang menyukai genre musik Korea) dapat memotivasi diri mereka dengan mendengarkan lagu dari artis kesukaannya.

Seperti arti lagu dari Jin BTS yang berjudul Epiphany yang berarti bahwa kita harus mencintai diri kita sendiri sebelum kita mencintai orang lain. Lagu ini memiliki arti yang mendalam yang bisa memotivasi para remaja.
 
"Kamu sudah cantik. Tapi kalau kamu tidak pernah belajar untuk benar-benar mencintai dirimu, maka kamu tidak akan pernah bisa melihat keindahan itu." 
- Suho, leader Exo.
 

3. Mendapat teman baru



Biasanya, para kpopers mencari teman baru sesama kpopers di media sosial. Dengan mendapat teman baru, para Kpopers bisa saling sharing berita terbaru dari sang idola, bisa juga dijadikan sebagai teman belajar bahasa korea lho.
 

Dampak Negatif K-Pop pada Remaja


Disamping dampak positif, tentu saja terdapat dampak negatif. Berikut adalah dampak negatif dari pengaruh K-Pop
 

1. Boros


Para K-Popers biasanya membeli apa saja yang berhubungan dengan idola mereka. Harganya pun juga tidak terbilang murah.

Seperti album, harga satu album berkisar Rp300.000 sampai Rp400.000. Bahkan, beberapa diantara mereka sampai rela menghabiskan uang jutaan rupiah lho! 
 

2. Lupa waktu


Tak sedikit juga para Kpopers yang sering lupa waktu saking asiknya mendengarkan lagu Korea. Bahkan, ada juga yang sampai rela tidak tidur hanya untuk menonton acara idolanya.
 
Dapat disimpulkan bahwa Kpop itu membawa dampak positif dan dampak negatif untuk para remaja. Jadi kita harus pintar dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk untuk dijadikan sebagai panutan.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.