Hadapi Pandemi, Ini Alasan Bisnis Kamu Perlu Rehat Sejenak

Rest - Canva

Rest - Canva

Pandemi tentunya membuat banyak usaha harus “memutar otak” guna bisa bertahan. Enggak hanya pendapatan yang menurun, keadaan ekonomi yang sempat turun pun bisa membuat stres dan sakit kepala.

Di satu sisi, kondisi mental kita tentu tetap harus dijaga juga. Dalam keadaan stres, pastinya kreativitas kamu juga akan terbatas.

Makanya, kamu perlu istirahat. Bukan hanya diri kamu, bisnis yang kamu jalani juga perlu rehat lho!

Rehatnya bisnis kamu bukan semata-mata tutup tanpa alasan ya. Maksudnya, selama masa “rehat”, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah konsep dan strategi baru.

Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah alasan nih bisnis kamu perlu rehat sejenak.

Baca Juga: Cara Menjadi Diri Sendiri Di Dunia yang Kompetitif, Yuk Rehat Sebentar


Percayalah, Kamu dan Bisnis Kamu Akan Lebih Baik
Menurut Presiden Egg Marketing Susuan Guillory, ketika diri kamu dan bisnis yang dijalani merasakan kejenuhan, hingga burnout, kamu harus segera memusatkan kembali diri dan mulai dengan semangat yang baru.

Akan lebih fatal, jika kamu justru membiarkan kejenuhan atau bahkan tekanan tersebut menyerang kamu dan bisnis yang sedang dijalani.


Istirahatkan Tubuh dan Pikiran
Salah satu cara melepas penat yakni dengan liburan. Sayangnya, di tengah pandemi, liburan yang seharusnya dilakukan dengan riang gembira mesti tertunda atau bahkan dibatalkan.

Padahal, seorang pelaku usaha tentunya juga butuh waktu untuk melepas lelah seperti halnya para pekerja kantoran. Apalagi, memulai dan menjalankan usaha juga butuh lebih banyak energi yang bisa menimbulkan stres.

Namun, tenang dulu. Walaupun enggak bisa pergi liburan, kamu tetap harus cari waktu untuk rehat. Caranya, kamu bisa melakukan seminar/workshop, membaca buku, atau menonton film untuk menumbuhkan ide dan kreativitas.


Dengan Istirahat, Kamu Bisa kembali Mencintai Hal yang Kamu Lakukan
Ada satu waktu, kamu merasa penat dengan rutinitas yang dijalani. Makanya, penting bnaget untuk kamu istirahat sejenak.

Biar enggak bosan, kamu juga bisa melakukan sejumlah kegiatan lain yang berbeda dari apa yang biasanya kamu jalani sehari-hari. Pokoknya, jangan biarkan diri kamu kehilangan passion ya!

Baca Juga: Membangun Pribadi Produktif di Masa Pandemi Covid-19