Ini Alasan Harga Action Figure Gundam di Indonesia Mahal

Gundam - Canva

Gundam - Canva

Like

Bagi para penggemar karakter animasi, memiliki action figure tentu jadi kebanggana tersendiri. Seperti fans pada umumnya, apapun yang berhubungan dengan sesuatu yang diidolakan akan selalu diburu.

Begitu juga ketika harus memiliki action figure. Meski harganya mahal, action figure pun tetap diincar para penggemarnya.

Salah satu action figure yang cukup mahal yakni Gundam. action figure berbentuk robot asal “negeri sakura” ini dibanderol hingga jutaan rupiah lho!

Padahal di negara asalnya, yakni Jepang, harga Gundam hanya sekitar ratusan ribu rupiah, Be-emers! Kok bisa jadi mahal gitu ya?

Baca Juga: Alternatif Lomba 17an, Permainan Ini Bisa Jadi Bahan Belajar Investasi Lho!
 

Limited Edition

Menurut perwakilan dari Multi Toys bernama Erick Thianto, dikutip dari Bisnis, salah satu alasan di Indonesia harga Gundam mahal karena perusahaan produsen Gundam di Jepang (Bandai Co.) hanya memproduksi jenis gundam tertentu dengan kuantitas yang sangat terbatas.


Bukan agar mendapat permintaan yang berlebih, hal itu memang merupakan kebijakan Bandai Co. untuk enggak memproduksi Gundam secara massal. Padahal, karakternya diminati banyak orang.

Apalagi, menurut Erick, karakter Gundam sudah cukup terkenal. Jadi, kadang orang beli dan disimpan sebagai pajangan. Nantinya, kalau ada edisi atau karakter Gundam terbaru, Gundam yang lama akhirnya sudah enggak ada stok.
 

Jarang Dijual Online

Alasan kedua mengapa harga gundam tergolong mahal, menurut Erick, karena action figure pun jarang dijual secara online.

Sehingga, banyak kolektor fanatik yang rela membeli gundam hingga keluar negeri seperti negara asalnya di Jepang, Hong Kong atau Singapura.

Kalau kamu, lebih suka mengoleksi Gundam atau mainan lain yang bisa diinvestasikan nih, Be-emers?

Baca Juga: 3 Hal Anti-Mainstream Ini Bisa Jadi Sumber Investasi Kamu Lho!