Telkom Resmi Ganti Nama Lho!

Telephone Illustration - Canva

Telephone Illustration - Canva

Like

Perusahaan  telekomunikasi pelat merah, Telkom mengumumkan pergantian nama dari PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk. menjadi PT Telkom Indonesia (persero) Tbk.

Diketahui dari laman Bisnis, perseroan menyampaikan perubahan nama yang telah memperoleh persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Adapun, otoritas menerima penyampaian perubahan nama itu pada 2 Desember 2020 sehingga terhitung sejak 4 Desember 2020 PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan nama baru yaitu PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Meski begitu, kode saham Telkom enggak berubah kok, Be-emers. Telkom masih menggunakan kode TLKM di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: TLKM Dapat Tantangan Target Market Cap dari Erick Thohir, Bisa Tercapai Enggak Ya?
 

Sejarah Telkom

Sebagai BUMN di bidang telekomunikasi, Telkom punya sejarah yang panjang lho!


Bahkan, eksistensinya sudah terbentuk sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis sih, Telkom menjadi  bagian dari badan usaha Post-en Telegraaflent dengan Staats blaad No.52 tahun 1884.

Nah, pada 1957, Presiden Soekarno mengubah nama Post, Telegraf en Telefoon Dients (PTT-Dients) yang didirikan oleh di zaman Belanda, menjadi menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi.

Delapan tahun kemudian, pemerintah membagi perusahaan Pos dan Telekomunikasi menjadi dua bagian yang berdiri sendiri yaitu Perusahaan Pos dan Giro (PN. Pos dan Giro) serta Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN. Telekomunikasi).

Enggak cukup sampai di situ, tahun 1974, PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.

Nah, pada 1991, Perumtel bersalin nama menjadi Perseroan (Persero)Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no. 25 tahun 1991.

Selang empat tahun kemudian, Telkom melepas saham ke publik. Sejak saat itu, sahamnya pun diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, New York Stock Exchange(NYSE), dan London Stock Exchange(LSE).

Kini, Telkom menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar jumbo alias big caps. Kapitalisasi pasar atau market capitalization Telkom mencapai Rp320,8 triliun lho!

Salut deh buat Telkom!

Baca Juga: Kinerja Emiten: Laba Masih Aman, Telkom (TLKM) Optimis Kinerja & Saham Prospektif