Bagaimana Cara Bekerja dan Berkarir dalam Islam?

Dengan bekerja dan berkarir seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari

Dengan bekerja dan berkarir seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari

Like

Bekerja dan berkarir adalah merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang baik sendiri atau bersama orang lain. Bekerja dan berkarir pun bisa diartikan sebagai senjata utama manusia untuk memerangi kemiskinan dan terhindar dari kesusahan secara financial.

Tujuan utama manusia dalam bekerja dan berkarir adalah untuk memperoleh penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti bahan pangan,pakaian,dan lain-lainnya.

Dalam ajaran islam sangat ditantang bagi seseorang untuk meminta-minta (mengemis) kepada orang lain.

Maka dari itu, orang tersebut harus didorong agar mau berusaha untuk bekerja dan mencari rezeki yang halal, karena dalam islam pun tidak membolehkan bagi orang yang pemalas untuk menerima shadaqoh.

Bekerja dan berkarir pun bukanlah semata-mata hanya untuk mencari uang demi menghidupi diri sendiri dan keluarga,akan tetapi yang dapat dikatakan dengan benar-benar bekerja adalah mereka yang mempertaruhkan jiwa dan raganya dengan ikhlas karena Allah SWT demi keluarganya dan masyarakat tanpa harus menyusahkan orang lain.


Bekerja dan berkarir pun termasuk perbuatan amal yang shaleh. Jika dengan bekerja termasuk amal yang shaleh, maka bisa dikatakan kerja adalah ibadah maka kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari kerja

Bukankah Allah SWT menciptakan hambanya hanya untuk beribadah kepada-NYA?