Bisnis Enggak Sesuai Ekspektasi? Tenang, Kamu Bisa Lakukan Hal Ini

Expect - Canva

Expect - Canva

Like

Ekspektasi memang kadang enggak sesuai dengan realita. Apalagi, di tengah situasi pandemi Covid-19, yang mana banyak rencana tertunda atau bahkan gagal untuk terwujud.

Banyak pekerja yang pendapatannya terpotong, hingga harus terkena PHK. Begitu juga dengan para pelaku usaha, yang harus menerima kenyataan kalau pandemi membuat operasional usahanya tertekan.

Namun, khususnya para pelaku usaha, realita tersebut tetap bisa dimaknai sebagai peluang baru. Dikutip dari Bisnis, ini langkah yang bisa kamu ambil untuk beradaptasi dengan realita dalam menjalani usaha.

Baca Juga: Ini Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Memulai Bisnis Baru dari Rumah

Bekerja keras pada satu proyek yang berarti
Ketika tidak ada yang sesuai dengan keinginan dan kamu justru mengalami burnout, kamu mungkin akan mencari informasi. Meskipun mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan adalah hal yang wajar, seringkali itu malah enggak banyak membantu.


Pada tahap ini, sebenarnya yang kamu butuhkan adalah momentum. Makanya, langkah paling kritis yang harus diambil adalah memfokuskan kembali diri pada satu proyek yang bermakna.


Berbagi dan menemukan rasa syukur
Ketika kamu berada dalam kebuntuan bisnis atau hidup, harga diri bisa anjlok dan kamu bisa mulai mempertanyakan apa saja kontribusi kamu selama ini pada masyarakat.

Pendapatan perusahaan mungkin sedang enggak pasti saat ini. Namun, sebenarnya  menumbuhkan rasa bersyukur itu enggak membutuhkan uang lho!

Kamu bisa mulai bersyukur dengan membimbing seseorang, membagikan pengetahuan dengan bebas melalui tulisan, menanyakan kabar seseorang melalui pesan singkat, atau mengirim catatan tulisan tangan kepada seseorang.

Sadar atau enggak, dengan memberi, kamu bisa membangkitkan rasa syukur, yang notabene merupakan “alat berharga” dalam kewirausahaan.


Tingkatkan kebugaran kamu
Ketika hidup terasa sangat berat dan kamu mencoba untuk bertahan dalam masa-masa sulit menjalankan bisnis, enggak ada salahnya untuk “kabur” dan berolahraga.

Soalnya, olahraga bisa membantu mendorong pelepasan endorfin yang membuat kamu merasa nyaman bersama dengan perubahan hormon bermanfaat lainnya. Namun, yang lebih penting, olahraga menyediakan jalan keluar untuk membuang sumber frustasi dalam hidup, serta menghilangkan energi negatif yang menggelegak di dalam diri kamu nih, Be-emers.


Keluar dari Zona Isolasi 
Dengan menjadi wirausahawan, kamu telah menyetujui klausul implisit yang mencakup potensi depresi, kesepian, kelelahan, dan keterasingan yang tidak disengaja dari hubungan terpenting kamu.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengusaha, terutama ketika enggak ada yang berjalan sesuai keinginan mereka, adalah mengisolasi dari dari dunia untuk menyelesaikan masalah mereka.

Padahal, isolasi bukanlah solusi, terutama jika emosional terganggu. Sebaliknya, kamu cenderung menambah frustasi karena kamu enggak bisa melihat gambaran besarnya.

Makanya, jika kamu menemukan dunia kamu merasa menjadi lebih kecil dan menutup diri, carilah bantuan, akuntabilitas, dan dukungan ya!

Baca Juga: Analisa Usaha Jualan Plastik? Untung atau Rugi?