Emiten Distributor Alat Kesehatan IRRA Prediksi Kinerja 2020 Lampaui Target, Berkah Vaksin?

Vaccine - Canva

Vaccine - Canva

Like

Vaksin Covid-19 menjadi salah satu hal yang dinanti-nanti sama banyak orang saat ini. Kedatangan vaksin pun memberi harapan baru untuk menyelesaikan pandemi Covid-19.

Sentimen terhadap vaksin Covid-19 juga mempengaruhi situasi pasar nih, Be-emers. Performa sejumlah emiten pun ikut terkerek sentimen vaksin lho!

Salah satunya yakni emiten distributor alat kesehatan PT Itama Ranoraya Tbk. Kinerja emiten dengan kode saham IRRA ini bahkan sudah mendapat dampak positif dari kebutuhan penanganan Covid-19 di dalam negeri.

Baca Juga: Dijagokan Yusuf Mansur, Begini Target dan Rencana Marketing Sales PPRO di 2021

Enggak heran deh, diketahui dari laman Bisnis, IRRA berani memprediksi kalau kinerjanya tahun 2020 ini bisa melampaui target. Pihaknya optimis, laba bersih IRRA bisa naik hingga di atas 30 persen.


Diketahui, pihak manajemen IRRA sebelumnya menargetkan pendapatan dapat tumbuh 20 persen, sementara untuk laba bersih ditargetkan sebesar Rp40 miliar. Jumlah laba ini tumbuh 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Direktur Itama Ranoraya Pratoto Raharjo, pendapatan dan perolehan laba bersih akan melampaui target disebabkan mulai masuknya pesanan untuk program penanganan pandemi Covid-19 dari pemerintah pada penghujung 2020 ini.

Selain kontribusi dari bisnis utamanya, IRRA juga mendapatkan tambahan margin laba bersih dari insentif pajak berupa penurunan tarif pajak dari 25 persen menjadi 22 persen untuk perusahaan alat kesehatan.

Makanya, pendapatan IRRA di kuartal keempat 2020 ini diprediksi bakal kembali jadi kontribusi terbesar dibandingkan pendapatan di kuartal sebelumnya.

Sementara itu, di segmen alat kesehatan seperti jarum suntik, pihaknya memprediksi kalau pendapatannya bisa mampu tumbuh di atas 30 persen. Sedangkan di segmen produk diagnostik in vitro, IRRA yakin kalau pertumbuhan pendapatannya bisa mencapai 25 persen lho!

Adapun, Vaksin Sinovac diketahui baru saja sampai di Indonesia hari ini (7/12), Be-emers. Alhasil, saham IRRA pun meroket banget lho di perdagangan hari ini! Mantaps!

Hingga penutupan perdagangan bursa, saham IRRA terpantau melonjak hingga 24,68 persen, dan berhasil parkir di level 1.440.

Baca Juga: Transaksi Saham Diprediksi Bakal Terus Ramai Hingga Akhir Tahun 2020, Ini Pemicunya