Peluang Usaha dengan Budi Daya Tanaman Janda Bolong

Dengan bercocok tanam dapat mengilangkan ketegangan otak dan berbisnis. (Sumber gambar : merdeke.com

Dengan bercocok tanam dapat mengilangkan ketegangan otak dan berbisnis. (Sumber gambar : merdeke.com

Like

Janda Bolong adalah tanaman hias yang sedang viral di masa pandemi ini. Asal mula nama tanaman Janda Bolong sebenarnya unik dan berawal di kalangan masyarakat Jawa. Dalam bahasa jawa, tanaman ini disebut ron phodo bolong yang artinya daun pada bolong.

Ketika diucapkan secara singkat atau cepat, nama ini terdengar seperti ron dho bolong, sementara kata rondo dalam bahasa Jawa berarti "janda". Tanaman ini aslinya berasal deri Amerika Tengah.

Sebenarnya, tanaman Janda Bolong dulu sangat langka ditemukan di Indonesia karena memang lebih banyak tersebar di benua Amerika. Namun, di antara lebih dari 48 spesies Monstera, jenis Janda Bolong termasuk yang paling cepat menyebar di Indonesia

Karakteristik janda bolong yang merupakan tumbuhan merambat, membuatnya dapat tumbuh dengan mudah. Anda dapat memperbanyak daun janda bolong yang eksotis dengan cara yang mudah.

Bila ingin menanam menggunakan media air, cukup menggunakan toples kaca. Tanaman Janda Bolong yang sudah panjang, bisa langsung dipotong. Pemotongan perlu menggunakan gunting yang sudah disterilkan.


Bagian yang sudah dipotong, harus beserta daun agar Janda Bolong ini bisa tumbuh. Harganya sendiri untuk 1 pot Janda Bolong dengan daun 3 helai dihargai Rp 90 juta, sedangkan yang anakan dengan daun kecil-kecil dihargai Rp 45 juta.

Bisa kita bayangkan bukan? Dengan membudidaya tanaman Janda Bolong, kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Lagi Tren Ini Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Lho!

Mengapa kita berbisnis tanaman Janda Bolong? Sebab, saat ini di Indonseia ataupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan negara lainnya, sedang ramai dengan tanaman ini, dan hal itu bisa kita ambil ambil sebagai kesempatan untuk membuka usaha dari budi daya janda bolong ini. 

Tumbuhan ini juga merambat dengan ketinggian bisa mencapai 20 meter (66 kaki). Daunnya lebar dengan permukaan hijau mengkilap dan berlubang. Manfaat tanaman janda bolong tak hanya memiliki nilai ekonomis yang harganya terbilang mahal.

Namun, tumbuhan dengan bentuk daun berlubang ini juga memiliki sejumlah khasiat yang sebaiknya Anda tahu. Berikut ini berbagai manfaat tanaman janda bolong maupun fakta uniknya lainnya.

Meredakan Stres
Aktivis bercocok tanam maupun merawat tanaman bukan hanya untuk menyalurkan hobi. Aktivitas ini juga bisa untuk meredakan stres.

Terlebih, jika Anda harus lebih sering berada di rumah akibat pandemi Corona. Inilah manfaat tanaman janda bolong yang bisa Anda dapatkan.

Apalagi, memelihara tanaman, khususnya tanaman hias membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Keasyikan inilah yang bisa meredakan ketegangan otak.


Menyegarkan Udara
Umumnya tanaman akan mengeluarkan oksigen saat pagi hari. Namun berbeda dengan tumbuhan berlubang ini. Bahkan, manfaat tanaman janda bolong mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas udara sekitarnya.

Selain menyerap udara kotor dari polusi, tumbuhan tanaman unik ini juga mampu menyerap udara yang mengandung zat kimia berbahaya.


Mempercantik Rumah
Seperti fungsinya sebagai tanaman hias, janda bolong memiliki tampilan yang unik dengan lubang-lubang alami pada daunnya yang begitu eksotis. Oleh karena itu, manfaat tanaman janda bolong karena cocok untuk menghias interior rumah.

Dengan meletakkan pot tumbuhan ini pada sudut rumah, Anda bisa menambah kesan elegan dan artistik ruangan tersebut.


Mudah Perawatannya
Yang penting hindarkan tanaman ini dari paparan langsung sinar matahari. Jika monstera terlalu banyak terkena matahari, maka daunnya akan segera menguning.

Selain itu dalam merawat tanaman ini kita tak harus selalu menyiramnya. Sebab, janda bolong tidak membutuhkan banyak air. Menyiram hanya perlu saat tanah dalam pot terlihat kering.

Itulah berbagai keunikan maupun manfaat tanaman janda bolong yang sangat baik sebagai penghias rumah. Dengan perawatan yang mudah, kehadiran tumbuhan ini juga akan membuat udara menjadi lebih segar dan asri.

Baca Juga: 4 Tanaman Receh Penghemat Uang dan Penyelamat Perut saat Pandemi