Mau Memulai Bisnis di Tengah Pandemi? Ini Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Apa yang kamu pikirkan pertama kali saat ingin mendirikan usaha?

Mulai dari modal, konsep produk, hingga pemasaran, tentunya jadi hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai bisnis. Namun, gimana kalau mendirikan bisnis di tengah situasi pandemi?

Seperti yang kita tahu, pandemi Covid-19 pun telah membuat banyak perubahan dalam pola kehidupan banyak orang. Hal itu tentu saja bakal mempengaruhi bisnis kamu nantinya.

Eits, tapi tenang dulu, Be-emers. Dilansir dari laman Bisnis, ada hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dulu sebelum memulai usaha biar cuan nantinya.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis untuk Pemula
 

Amankan Finansial

Saat memulai bisnis kecil, ingat bahwa kamu sedang memasuki dunia berisiko tinggi dan punya tantangan di setiap sudutnya.


Nah, untuk mengatasi masalah keuangan yang rumit, kamu bisa mempekerjakan tenaga ahli untuk menghitung semua pajak, aliran kas, hingga besaran gaji yang perlu dikeluarkan lho.
 

Andalkan Data

Mungkin dulu, bisnis identik dengan strategi yang didukung oleh teknologi informasi. Nah saat ini, strategi bisnis sudah pasti terhubung dengan strategi teknologi informasi juga nih. 

Kamu perlu punya data keuangan dan data pelanggan yang akurat serta real-time yang tersedia di cloud.

Selain data untuk keputusan bisnis, pilihan teknologi juga sangat penting untuk memungkinkan pekerjaan jarak jauh, pembayaran cashless, penjualan digital, dan keamanan catatan pelanggan. Tentunya, hal ini sangat penting dilakukan di era digital, apalagi di tengah pandemi.
 

Perencanaan Anggaran vs Skenario

Tentunya, menyusun anggaran sangat diperlukan dalam menjalani bisnis. Yang terpenting, kamu bisa menggunakannya secara aktif sebagai dasar untuk memproyeksikan berbagai skenario keuangan.

Soalnya, orang-orang bakal lebih mengandalkan anggaran dengan rincian yang jelas, memperlihatkan dampak dari skenario terbaik dan skenario terburuk dan semua implikasi untuk arus kas, kepegawaian, opsi investasi atau posisi modal.
 

Manfaatkan Opsi Kredit

Kita cenderung beralih ke opsi kredit saat kita membutuhkannya. Bahkan, sering kali hal itu terjadi di momen-momen ketika kondisinya sudah lebih sulit untuk membuat pemberi pinjaman yakin dengan kondisi finansial kamu.

Alhasil, membuat akses ke jalur kredit dan menggunakannya adalah dua hal yang berbeda. Kamu perlu lebih cermat untuk memanfaatkan kredit atau pinjaman usaha.
 

Utamakan Kebutuhan Pelanggan

Saat pandemi menyerang, layanan yang dapat diandalkan seperti salon dan perjalanan udara ternyata enggak bisa lagi menjadi yang paling diandalkan. Sementara itu, tisu dan sabun anti kuman malah terjual habis.

Untuk itu, penyesuaian produk dengan kebutuhan pelanggan tentunya jadi hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memulai usaha ya, Be-emers!

Baca Juga: Ini Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Memulai Bisnis Baru dari Rumah