Ini Siasat Kembangkan Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Meski kini vaksin sudah ditemukan, tapi ingat, pandemi Covid-19 masih belum usai nih, Be-emers.

Hal tersebut tentunya jadi pertimbangan sekaligus tantangan bagi para pelaku usaha. Tak terkecuali, pelaku usaha rumahan.

Termasuk dalam usaha mikro hingga kecil, bisnis rumahan perlu menyiasati banyak cara untuk tetap bisa bersaing dan bertahan. Lalu, gimana cara mengembangkan bisnis rumahan di tengah situasi pandemi?

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Rumahan Di Masa Pandemi Corona
 

Perdalam Ide Bisnis dan Riset Pasar

Dikutip dari Bisnis, pandemi menyebabkan perubahan aktivitas dan kebutuhan masyarakat. 

Makanya, coba deh cari produk yang banyak dibutuhkan masyarakat saat ini. Pastikan juga, ide bisnis yang kamu punya bisa menjawab kebutuhan pasar yang ingin dituju dengan tepat dan sesuai.

 

Mulai Bisnis dari Ketertarikan Diri Sendiri.

Selain mencari insight akan ketertarikan dan kebutuhan calon konsumen secara umum, sebenarnya akan lebih mudah kalau bisnis rumahan dimulai dari hobi ataupun hal yang kamu suka lho.

Tenang, jangan khawatir kalau hobi atau ketertarikan tersebut bakal diminati pangsa pasar yang kecil. Soalnya, lebih baik memulai dengan fokus pangsa pasar kecil agar bisnisnya dapat berkembang dengan lebih terarah.
 

Tentukan Target Konsumen dan Maksimalkan Kanal Online

Kamu juga perlu untuk menentukan target konsumen bisnis secara spesifik. Yang perlu kamu ingat, enggak semua orang bisa jadi target  dari produk kamu lho, Be-emers.

Selain itu, sebagian besar orang melakukan kegiatan berbelanja mereka secara online. Makanya, online presence jadi sangat penting dalam membangun bisnis.
 

Pilih Logo dan Kemasan yang Mempresentasikan Bisnis Kamu

Tampilan visual adalah koentji. Soalnya, logo dan packaging merupakan cara kamu untuk membedakan bisnis yang kamu miliki dengan bisnis-bisnis lainnya.

Secara enggak langsung sih, branding mampu memberikan banyak manfaat seperti mempengaruhi psikologi calon konsumen melalui tulisan, label, keterangan lain yang menjelaskan isi, kegunaan dan informasi lain yang perlu disampaikan kepada konsumen.

Selain itu, kamu juga bisa pilih kemasan yang ramah lingkungan. Apalagi, sekarang kemasan ramah lingkungan lebih diminati masyarakat.

Selain itu, dengan desain yang kreatif, kemasan ramah lingkungan bisa meringankan beban produk, mengurangi sampah lingkungan, hingga mengurangi biaya pengiriman.

Baca Juga: Cuan Sejak Remaja, Ini Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Coba