Facebook Terancam Lepas WhatsApp dan Instagram, Ada Apa Sih?

Facebook - Canva

Facebook - Canva

Like

Kabar terhangat datang dari Facebook nih, Be-emers. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini dikabarkan terancam melepas WhatsApp dan Instagram lho!

Kok Bisa, sih?

Diketahui dari laman Bisnis, Facebook bisa dipaksa buat jual aset berharganya, yakni WhatsApp dan Instagram, setelah Komisi Perdagangan Federal AS dan hampir setiap negara bagian AS mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan tersebut.

Jadi, tuntutan ini terkait dengan upaya Facebook dalam menggunakan strategi “beli” atau “kubur” terhadap saingannya. Facebook juga diketahui menekan pesaing yang lebih kecil.

Baca Juga: Apa Perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads?


Alhasil, hal ini bikin Facebook jadi perusahaan media sosial ini harus menghadapi tantangan hukum yang cukup besar di penghujung tahun 2020 ini.

Mengutip dari Channel News Asia, tuntutan hukum yang menimpa Facebook tersebut menyoroti konsensus bipartisan yang berkembang untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan teknologi besar atas praktik bisnisnya. Nah, beberapa di antaranya telah menganjurkan pembubaran Google dan Facebook.

Dalam tuntutan tersebut, Facebook dituduh membeli saingannya, yang fokus pada akuisisi sebelumnya atas aplikasi berbagi foto Instagram seharga US$1 miliar pada tahun 2012 serta aplikasi pesan WhatsApp seharga US$19 miliar pada tahun 2014.

Sementara itu, regulator federal dan negara bagian justru mengatakan akuisisi harus dibatalkan.

Dengan kata lain, Facebook dinilai telah menggunakan dominasi dan kekuatan monopoli untuk menghancurkan saingan yang lebih kecil serta memadamkan persaingan.

Jaksa Agung New York Letitia James mengatakan kalau Facebook memperoleh saingan sebelum mereka dapat mengancam dominasi perusahaan.

Namun, Penasihat Umum Facebook Jennifer Newstead menyebutkan, WhatsApp dan Instagram berhasil setelah Facebook menginvestasikan miliaran dolar untuk mengembangkan aplikasi keduanya.

Padahal, menurutnya, undang-undang anti monopoli seharusnya enggak dimaksudkan untuk menghukum perusahaan yang sukses.

Adapun, seperti yang dikutip dari The Verge, pada bulan Juli lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg sebelumnya telah mengatakan kepada karyawan bahwa Facebook akan berjuang untuk melawan tantangan hukum yang ingin membubarkan perusahaan.

Wah, menurut kamu, bakal rugi berapa ya kalau Facebook kehilangan Instagram & WhatsApp?

Baca Juga: Main Facebook untuk Saling Berkabar, Harta Mark Zuckerberg Tembus US$100 Miliar!